penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v sdn 12 lubuk alung kabupaten padang pariaman tahun ajaran 2017/2018

era, kurniati (2018) penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v sdn 12 lubuk alung kabupaten padang pariaman tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstrak)
syrt 1 er4.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
BAB I er4.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text (bab 2)
4 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text (bab 3)
5 BAB III.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img] Text (bab 4)
6 BAB IV revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (bab 5)
7 BAB V.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
8 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text
srt ke 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPS di SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Tahun Ajaran 2017/2018”, disusun oleh Era Kurniati, NIM: 1314070045. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa pada ujian Mid semester dengan rata-rata kelas 67,1 yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang yang tuntas dan mencapai KKM hanya sebanyak 14 orang sedangkan yang belum tuntas sebanyak 19 orang. Hal ini disebabkan oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran masih bersifat konvensional (ceramah) yang menyebabkan siswa bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang tercipta bersifat monoton. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah apakah penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah penelitian ini hanya untuk meneliti kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan adalah metode mind mapping, indikator pengukuran penelitian ini adalah melihat peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode mind mapping terhadap metode ceramah dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPS siswa melalui penerapan metode Mind Mapping, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian berupa hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan data tes hasil belajar. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi yang dilakukan oleh Ibu Fatimah Zahara, S. Pd. selaku wali kelas V, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep IPS siswa yang ditandai dengan hasil belajar yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan menggunakan metode mind mapping diperoleh data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I dari 37 orang siswa 17 orang tuntas, 20 orang tidak tuntas, ketuntasan klasikal 46% dengan rata-rata kelas 69,4, sedangkan tes siklus II dari 37 orang siswa 32 orang tuntas, 5 orang tidak tuntas (diberikan remedial), ketuntasan klasikal 90% dengan rata-rata kelas 83,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 02:21
Last Modified: 08 Jun 2018 02:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item