Pendidikan multikultural dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung

Yera Zettira Agesti, - (2022) Pendidikan multikultural dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_Cover dll - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf

Download (580kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_BAB I - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf

Download (257kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_BAB II - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_BAB III - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf

Download (278kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_BAB IV - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_BAB V dan Daftar Pustaka - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf

Download (296kB)
[img] Text
YERA ZETTIRA AGESTI_1814090065_Fulltext - 0065 Yera Zettira Agesti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung” disusun oleh Yera Zettira Agesti Nim. 1814090065 Program Studi Tadris IPS Konsntrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman etnik yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Sitiung. Di sekolah ini terdapat keragaman yang cukup kompleks seperti keragaman suku, budaya, ras, dan agama. Biasanya ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya konflik di lingkungan masyarakat tetapi tidak dengan keragaman yang ada di SMA Negeri 1 Sitiung, dengan adanya perbedaan, suasana dan kondisi sosial peserta didik didalamnya tetap damai dan terhindar dari konfik. Oleh karena itu munculah pertanyaan : (1) Bagaimana latar belakang sejarah terjadinya multikultural di SMA Negeri 1 Sitiung ? (2) Bagaimana implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung ?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui latar belakang sejarah terjadinya multikultural di SMA Negeri 1 Sitiung. (2) Mengetahui implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bertujuan untuk mengetahui fenomena apa saja yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya tindakan, perbuatan, persepsi, dan lainnya. Penelitian yang mencari kebenaran dari sebuah peristiwa secara natural. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dapat mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan didukung oleh berbagai informasi. Sesuai dengan penelitian ini, maka peneliti dapat menggali lebih dalam bagaimana proses pendidikan multikultural pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sitiung. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kesiswaan, guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik di SMA Negeri 1 Sitiung. Adapun hasil penelitian di lapangan, maka dapat diperoleh hasil penelitian bahwa pendidikan multikultural sudah diterapkan dalam pembelajaran sejarah oleh guru sejarah SMA Negeri 1 Sitiung. Nilai-nilai multikultural dimasukkan ke dalam materi pelajaran sejarah, sehingga terjadi kombinasi dalam proses pembelajaran sejarah. Pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Sitiung tidak hanya diimplementasikan dalam pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga dimasukkan kedalam agenda-agenda kegiatan dan pebiasaan-pebiasaan di sekolah. Sehingga tercipta suasana yang nyaman, tentram, dan damai di lingkungan SMA Negeri 1 Sitiung. Kata kunci : Pendidikan, Multikultural, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:17
Last Modified: 05 Dec 2022 05:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item