Pembelajaraan sejarah berbasis objek pada materi metode penelitian sejarah Kelas X IPS MAN 2 Pesisir Selatan

Tania Permata Edsanti, - (2022) Pembelajaraan sejarah berbasis objek pada materi metode penelitian sejarah Kelas X IPS MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Tania permata edsanti_1814090074_cover,dll - 0074 Tania Permata edsanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tania Permata Edsanti_1814090074_BAB 1 - 0074 Tania Permata edsanti.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Tania Permata Edsanti_1814090074_bab II - 0074 Tania Permata edsanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
Tania permata edsanti_1814090074_BAB III - 0074 Tania Permata edsanti.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Tania permata edsanti_1814090074_BAB IV - 0074 Tania Permata edsanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
Tania permata edsanti_1814090074_BAB V_Daftar Pustaka - 0074 Tania Permata edsanti.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Tania permata edsanti_1814090074_fulltextt - 0074 Tania Permata edsanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Tania Permata Edsanti. NIM: 1814090074. Pembelajaraan Sejarah Berbasis Objek pada Materi Metode Penelitian Sejarah Kelas X IPS MAN 2 Pesisir Selatan Program studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kritikan para ahli yang mengatakan pelajaran sejarah didominasi oleh hafalan di mana siswa hanya digiring untuk mengingat tanpa menyadari usaha perkembangan kemampuan intelektual yang tinggi. Hal ini disebabkan karena banyaknya peserta didik yang tidak memiliki kesadaran sejarah Pemanfaatan objek sejarah dapat menjadi alternatife untuk meningkatkan kesadaran siswa di mana objek sejarah dapat meningkatkan sikap- sikap kesejarahan peserta didik dalam segi afektif maupun kognitif yang dikenal dengan kesadaran sejarah. Belajar melalui objek sejarah tidak lagi tentang menghafal dan membaca melainkan siswa dituntut untuk menentukan, menganalisis, mengkritik dan mengolahnya menjadi suatu tulisan sejarah yang dikenal dengan metode penelitian sejarah. Pada saat penelitian di lapangan masih kurangnya sumber Informasi dari objek tersebut, sehingga siswa lebih banyak melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah, pelaksanaan dan hasil pembelajaran sejarah berbasis objek pada materi metode penelitian sejarah kelas X IPS MAN 2 Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, alat pengukur datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan 1) langkah-langkah yang disiapkan dalam pembelajaran berbasis obyek yaitu membuat desain pembelajaran, menyusun jadwal kegiatan menyusun lembaran instrument penelitian, melaksanakan penelitian dan membuat laporan. 2) pelaksanaan pembelajaran sejarah her hasts objek yaitu sebelum melakukan penelitian anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan disuruh membuat pertanyaan, pada saat di lapangan anak disuruh memencar untuk mencari narasumber menurut kelompok yang sudah ditentukan, setelah melakukan penelitian anak di sekolah mendiskusikan hasil penelitian dan membuat laporan. 3) hasil pembelajaran sejarah berhasis abjek yaitu siswa mendiskusikan hasil wawancara di lapangan dan membuat laporan kelompok setiap siswa yang mengikuti penelitian di lapangan akan Jiberikan nilai 95 setelah mengumpulkan laporannya. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Objek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:57
Last Modified: 05 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item