Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar sejarah Siswa Kelas X di SMAN 16 Padang

Silvani Alisya Putri, - (2022) Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar sejarah Siswa Kelas X di SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Cover,halaman pengesahan,pernyataan keaslian,persetujuan pembimbing,pengesahan tim munaqasah,daftar isi - Silvani Alisya Putri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Bab I - Silvani Alisya Putri.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Bab II _Silvani Alisya Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Bab III _Silvani Alisya Putri.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Bab IV - Silvani Alisya Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Bab V _ Silvani Alisya Putri.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Silvani Alisya Putri_1814090057_Fulltex - Silvani Alisya Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul :” Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMAN 16 Padang”, disusun oleh Silvani Alisya Putri NIM 1814090057 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan yang penulis temukan ketika observasi siswa masih banyak yang tidak memetuhi aturan sekolah seperti ketika waktu istirahat sholat, siswa tidak kemushola melainkan duduk dikelas atau dikantin, ketika proses belajar mengajar sebagian siswa ribut dikelas dan mengganggu teman, dan hasil ujian siswa mata pelajaran sejarah rendah karena dibawah KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : a) Lingkungan belajar peserta didik kelas X di SMAN16 Padang, b) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMAN 16 Padang, c) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar sejarah kelas X di SMAN 16 Padang. Metode yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X di SMAN 16 Padang yang berjumlah 216 orang dengan sampel sebanyak 30 orang, yang ditentukan menggunakan Probability sampling dengan teknik simple random sampling. Variabel penelitian meliputi lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statical productand service solution (SPSS) versi 16.0 dan dianalisis dengan rumus Product Moment Correlations Coefisien Karl Person. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan belajar peserta didik kelas X di SMAN 16 Padang diperoleh nilai rata rata sebesar 111,37 dengan persentase 69,6% tergolong kategori baik, artinya secara keseluruhan lingkungan belajar siswa kelas X SMAN 16 Padang termasuk kategori baik (2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMAN 16 Padang diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,23 dengan persentase 57,23% tergolong kategori cukup, artinya secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas X SMAN 16 Padang termasuk kategori cukup (3) Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar sejarah kelas X di SMAN 16 Padang dengan rtabel untuk taraf signifikan 5% N = 30 adalah 0,361. Sementara hasil rhitung sebesar 0,641, sehingga rhitung lebih besar dari rtabel 0,641 > 0,361, maka Ha diterima Ho di tolak. Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Dec 2022 16:50
Last Modified: 04 Dec 2022 16:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item