Studi comperative sejarah wajib dan sejarah peminatan dalam kurikulum 2013 di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Reska Gusmayanti, - (2022) Studi comperative sejarah wajib dan sejarah peminatan dalam kurikulum 2013 di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Cover,dll - Ires 09.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Bab I _Ires 09.pdf

Download (505kB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Bab II _Ires 09.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Bab III _ Ires 09.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Bab IV _Ires 09.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Bab V _Daftar Pustaka _Ires 09.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Reska Gusmayanti_1814090060_Fulltext_Reska Gusmayanti_1814090060_Skripsi Full - Ires 09.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Reska Gusmayanti. NIM. 1814090060. “ Studi Comperative Sejarah Wajib Dan Sejarah Peminatan Dalam Kurikulum 2013 Di Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) ”, Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penempatan mata pelajaran sejarah pada kelompok mata pelajaran wajib dan mata pelajaran peminatan. Dimana peserta didik dan guru masih bingung untuk membedakan antara sejarah wajib dengan sejarah peminatan baik dari segi materi maupun hal lainnya, imbasnya kesamaan materi antara dua alokasi mata pelajaran ini tak terhidarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni bagaimana posisi dan alokasi mata pelajaran sejarah di SMA/sederajat dan apa saja perbedaan antara sejarah wajib dengan sejarah peminatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan metode penelitian komperatif. Metode penelitian komparatif adalah riset yang hakekatnya bersifat membandingkan anatara dua variabel yang berbeda, sehingga ditemukan perbedaan dan persamaanya Sumber data diperoleh dari buku dan jurnal, terutama buku kurikulum 2013, sejarah Indonesia (wajib) dan sejarah pemintan di SMA yang diletakkan sebagai sumber primer dan buku-buku lain sebagai pendukung data primer diletakkan sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian ditemukan bahwa mata pelajaran sejarah memiliki posisi penting dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengana tuntutan kurikulum 2013 hal ini dibuktikan dari alokasi pelajaran sejarah yang dibagi menjadi dua yaitu sejarah wajib dan sejarah peminatan. Sejarah wajib dan sejarah peminatan memiliki perbedaan diberbagai hal yaitu perbedaan filosofis dimana sejarah Indonesia (wajib) termasuk dalam mata pelajaran kelompok A yang berarti wajib diikuti oleh semua tingkatan dan jurusan di Sekolah Menengah Atas/Sederajat sedangkan sejarah peminatan termasuk dalam kelompok C yang hanya diikuti oleh jurusan Ilmu Sosial, dari tujuan terlihat perbedaannya dimana tujuan utama sejarah Indonesia adalah untuk membentuk karakter anak bangsa Indonesia yang nasionalisme dan patriotisme, sedangkan sejarah peminatan disiapkan untuk peserta didik mengembangkan minat keilmuanya ke perguruan tinggi, dari segi ruang lingkup/materi sejarah Indonesia (wajib) meliputi periodesasi sesuai zaman yang ada di Indonesia sedangkan sejarah peminatan membahas sejarah Indonesia dan peradaban dunia, untuk alokasi waktu pembelajaran sejarah peminatan lebih lama dibandingkan sejarah wajib. Kata Kunci : Komparatif , Sejarah Indonesia (wajib), Sejarah Peminatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Dec 2022 15:21
Last Modified: 04 Dec 2022 15:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11502

Actions (login required)

View Item View Item