Usaha guru sejarah menanamkan nilal Nasionalismmelalui pembelajaran Sejarah Kelas XI di MAN 1 Padang Pariaman

Peto Gesyt, - (2022) Usaha guru sejarah menanamkan nilal Nasionalismmelalui pembelajaran Sejarah Kelas XI di MAN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_cover,dll. - Veto Gesyt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_BAB I - Veto Gesyt.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_BAB II - Veto Gesyt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_BAB III - Veto Gesyt.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_BAB IV(1) - Veto Gesyt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_BAB V-Daftar Pustaka - Veto Gesyt.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Peto Gesyt_1714090010_fulltext. - Veto Gesyt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Usaha Guru Sejarah Menanamkan Nilal Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Kelas XI di MAN 1 Padang Pariaman". disusun oleh Peto Gesyt NIM. 1714090010 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa mengenai nilai yang terkandung dalam nasionalisme dan kurangnya pengetahuan siswa mengenai nilai nasionalisme yang diterapkan di lingkungan sekolah, maka hal itu berdampak pada kurangnya rasa mencintai lingkungan, mematuhi peraturan sekolah dan hormat kepada teman dan guru. Siswa tidak memahami dan kurang menerapkan nilai nilai yang berkaitan dengan nasionalisme yang ada di lingkungan sekolah. Maka penting disini peran guru sejarah sebagai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan penyampaian milai nasionalisme kepada siswa melalui pembelajaran sejarah. Maka berdasarkan hal ini muncul lah pertanyaan 1) Untuk mengetahui apa saja nilai nasionalisme pada mata pelajaran sejarah kelas XI di madrasah aliyah: 2) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru dalam menanamkan nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah kelas XI di Madrasah Aliyah. 3) Untuk mengetahui bagaimana kendala dalam usaha menanamkan nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah kelas XI di madrasah aliyah Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research penelitian lapangan, yang menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer adalah informasi yang diperoleh dari siswa, guru, wakil kepala kurikulum, sedangkan data sekunderya adalah dokumen dokumen yang terkait fokus penelitian. Instrumen penelitian yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik unalisis deskriptif kualitatif, yakni suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian dianalisis dalam bentuk paparan untuk memudalikan dibaca dan dipahami. kemudian dinterpretasikan dengan jelas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil dari penelitian mengenai usaha guru sejarah dalam menanamkan nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah, antara lain 1) Melalui materi pada mata pelajaran sejarah kelas XI. 2) Menghubungkan nilai nasionalisme yang ada pada materi pembelajaran ke nilai nasionalisme yang ada di lingkungan sekolah. 3) Partisipasi dan ajakan dari guru sejarah. 4) Melakukan hal hal positif seperti mematuhi peraturan sekolah. Melalui materi pembelajaran sejarah kelas XI Madrasah Aliyah. 5) Melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). 6) Kegiatan dalam rangka peringatan hari besar nasional. 7) Partisipasi dari masing masing guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 20:23
Last Modified: 03 Dec 2022 20:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item