Penerapan metode bermain peran dan dampaknya dalam pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Ulakan Tapakis Pariaman

Nur Ainun, - (2022) Penerapan metode bermain peran dan dampaknya dalam pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Ulakan Tapakis Pariaman. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
NUR AINUN_1814090020_COVER_DLL - Nur Ainun.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_ BAB I_SKRIPSI - Nur Ainun.pdf

Download (559kB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_BAB_II Skripsii - Nur Ainun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_BAB_III SKRIPSI - Nur Ainun.pdf

Download (567kB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_BAB_IV_SKRIPSI - Nur Ainun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_BAB V_SKRIPSI_Daftar pustaka - Nur Ainun.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NUR AINUN_1814090020_FULLTEXT SKRIPSI - Nur Ainun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Penerapan Metode Bermain Peran Dan Dampaknya Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 1 Ulakan Tapakis Pariaman”, ditulis oleh Nurul Kalidah NIM 1814090034 Program Studi Tadris IPS (Konsentrasi Sejarah) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Permasalahan Penelitian adalah rendahnya hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA N 1 Ulakan Tapakis Pariaman yang sebagian besar belum mencapai KKM yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 79. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Bermain Peran pada mata pelajaran Sejarah. Dalam hal ini, penulis memfokuskan penelitian pada 2 batasan masalah, yakni: 1) Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis Pariaman, 2) Apakah dampak dari penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis Pariaman. Penelitian ini bertujuan : a) Untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis Pariaman, b) Untuk mengetahui dampak dari penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Ulakan Tapakis Pariaman. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukanlah metode eksperimen dengan langkah- langkah yaitu dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Ekserimental) dengan desain penelitian Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Ulakan Tapakis tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes hasil belajar Sejarah Indonesia pretest kelas eksperimen sebesar 71,55, dan posttest kelas eksperimen sebesar 86,53 dan rata-rata nilai tes hasil belajar Sejarah Indonesia pretest kelas kontrol sebesar 69,33 dan posttest kelas kontrol 78,66. Berdasarkan uji hipotesis atau uji t dengan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ho: tidak terdapat perbedaan maka Ho ditolak dan Ha: terdapat perbedaan maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar Sejarah dengan menggunakan metode bermain peran bagi kelas XI IPS Negeri 1 Ulakan Tapakis Pariaman. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 20:10
Last Modified: 05 Dec 2022 05:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item