Nurul Anisa, - (2022) Penggunaan Media Gambar Pada Materi Kerajaan Hindu-Budha Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Nurul Anisa_1814090042_Cover,dll - 0042 Nurul Anisa.pdf Download (869kB) |
|
Text
Nurul Anisa_1814090042_ Bab I - 0042 Nurul Anisa.pdf Download (521kB) |
|
Text
Nurul Anisa_1814090042_ Bab II - 0042 Nurul Anisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
Nurul Anisa_1814090042_ Bab III - 0042 Nurul Anisa.pdf Download (325kB) |
|
Text
Nurul Anisa_1814090042_ Bab IV - 0042 Nurul Anisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
NURUL ANISA_1814090042_BAB V .pdf Download (194kB) |
|
Text
Nurul Anisa_1814090042_Fulltext - 0042 Nurul Anisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Nurul Anisa. NIM :1814090042. “Penggunaan Media Gambar Pada Materi Kerajaan Hindu-Budha Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota”, Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran sejarah. Pada saat penggunaaan media gambar tersebut guru langsung menampilkan gambar-gambar tersebut di depan kelas dan menyuruh siswa untuk mendiskusikan gambar-gambar tersebut tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu sehingga siswa menjadi bingung terhadap materi tersebut. Dan hal tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana RPP yang digunakan oleh guru pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kecamatan Suliki, bagaimana pelaksanaan media gambar dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kecamatan Suliki, serta apa saja faktor penghambat dan pendorong penggunaan media gambar dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kecamatan Suliki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu guru mata pelajaran sejarah,kepala sekolah,peserta didik dan observasi pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Sedangkan sumber sekunder nya yaitu buku,jurnal,penelitian yang relevan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan yang pertama bahwa RPP yang digunakan oleh guru sejarah adalah RPP modul ajar yang mana dalam RPP tersebut terdapat penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran. Yang kedua yaitu proses pelaksanaan media gambar pada pembelajaran sejarah yaitu yang pertama guru menyiapkan gambar yang akan digunakan,selanjutnya guru menampilkan gambar tersebut didepan kelas dan meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut, lalu guru mengembangkan materi berupa penjelasan dan uraian yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kerajaan hindubudha. Yang ketiga yaitu faktor penghambat dan pendorong penggunaan media gambar dalam pembelajaran yaitu faktor pemghambat nya kurangnya kesadaran dan keseriusan siswa dalam belajar,faktor pendorong nya yaitu kelengkapan sarana dan prasarana,kerjasama oraang tua dan sekolah, kedisipolinan siswa dalam belajar serta motivasi dan etos kerja pendidik. Kata Kunci :Penggunaan,Media Gambar,Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 19:41 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 19:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11499 |
Actions (login required)
View Item |