Nadia Silviani, - (2022) Media google classroom dalam pembelajaran Sejarah Di Kelas XI SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Nadia Silviani_1814090050_Cover,Halaman_Persembahan,surat_pernyataan,persetujuan_pembimbing,pengesahan,kata_pengantar,daftar_isi,daftar_tabel,daftar_lampiran. - 0050 Nadia Silviani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nadia Silviani _1814090050_Bab I - 0050 Nadia Silviani.pdf Download (860kB) |
|
Text
Nadia Silviani _1814090050_Bab II - 0050 Nadia Silviani.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
Text
Nadia Silviani _1814090050_Bab III - 0050 Nadia Silviani.pdf Download (460kB) |
|
Text
Nadia Silviani _1814090050_Bab IV - 0050 Nadia Silviani.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
Text
Nadia Silviani _1814090050_Bab V - 0050 Nadia Silviani.pdf Download (952kB) |
|
Text
Nadia Silviani_1814090050_Fulltext…. - 0050 Nadia Silviani.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Media Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah Di Kelas XI SMAN 16 Padang” disusun oleh NADIA SILVIANI, NIM. 181409050 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi sejak adanya Pandemi Covid di Indonesia, dengan harus membatasi aktivitas yang melibatkan banyak orang, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satu dampak imbasnya adalah sektor pendidikan, oleh karena itu proses pembelajaran dialihkan ke sistem pembelajaran online , di masa pandemi menimbulkan banyak aplikasi yang membantu dalam proses pembelajaran salah satunya adalah Google Classroom. Google Classroom mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran secara online, tetapi disisi lain dengan penggunaan Google Classroom tidak semua peserta didik memahami pembelajaran secara online,dan ini adalah salah satu fenomena yang terjadi pada penggunaan Google Classroom dalam proses pembelajaran, oleh karena itu perlu untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Google classroom dalam pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMAN 16 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP yang digunakan adalah RPP daring yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kedua, pelaksanaan pembelajaran Sejarah menggunakan Google classroom, proses pembelajaran dilakukan pershif antara luring dan daring, pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom untuk membantu proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Ketiga, dampak penerapan Google classroom dalam prosess pembelajaran, terdapat dampak positif yaitu Google Classroom sangat membantu dalam proses pembelajaran karena dapat mempermudah interaksi guru dan peserta didik dalam dunia, dampak negatifnya adalah tidak semua peserta didik mampu berinteraksi melalui Google Classroom. Keempat, faktor pendukung penggunaan Google Classroom pihak sekolah memfasilitasi melalui admin sebagai tenaga yang mampu menjelaskan penggunaan Google Classroom dan peserta didik yag lemah dalam Ilmu teknologi difasilitasi belajar di sekolah melalui penggunaan komputer sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak semua peserta didik termotivasi semangat belajar yang tinggi melaui Google Classroom dan sulitnya pendidik mengontrol pembelajaraan menggunakan Google Classroom. Kata Kunci : Media, Google Classroom, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 18:12 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 18:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11496 |
Actions (login required)
View Item |