Jumetri Naliza, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS MAN 1 Agam. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Cover,dll - Jumetri Naliza Putri.pdf Download (1MB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Bab I - Jumetri Naliza Putri.pdf Download (488kB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Bab II - Jumetri Naliza Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Bab III - Jumetri Naliza Putri.pdf Download (472kB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Bab IV - Jumetri Naliza Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Bab V-Daftar Pustaka - Jumetri Naliza Putri.pdf Download (540kB) |
|
Text
Jumetri Naliza Putri_1814090022_Fulltext - Jumetri Naliza Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS MAN 1 Agam, ditulis oleh Jumetri Naliza Putri NIM 1814090022 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar Sejarah siswa kelas X.IPS di MAN 1 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Sebagian besar siswa belum mampu untuk mendapatkan nilai yang mencapai KKM yang ditetapkan oleh Madrasah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick pada mata pelajaran sejarah. Dalam hal ini, penulis memfokuskan penelitian pada batasan masalah, yaitu: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di MAN 1 Agam. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas peserta belajar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di MAN 1 Agam. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Talking Stick pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di MAN 1 Agam. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah sebanyak 25 orang. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar sejarah siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 14 orang dengan persentase ketuntasan sekitar 56%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat sebanyak 20 orang dengan persentase ketuntasan sekitar 80%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sekitar 24%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS di MAN 1 Agam. Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 16:10 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 16:10 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11488 |
Actions (login required)
View Item |