Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA N 2 Sungai Kanan

Henni Safitri Harahap, - (2022) Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA N 2 Sungai Kanan. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - BAB 3.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - BAB 5.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Henni Safitri Harahap - 1814090047 - fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA N 2 Sungai Kanan", disusun oleh Henni Safitri Harahap NIM. 1814090047 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentinya guru sejarah menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sejarah. Salah satu model yang cocok untuk pembelajaran sejarah adalah model pembelajaran inkuiri dimana model ini merupakan model pembelajaran yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksprimen sendiri sehingga dapat berfikir secara kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMAN 2 Sungai Kanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sumber sekunder, 1) Sumber primer; guru sejarah, peserta didik, kepala sekolah dan observasi pembelajaran dengan model inkuiri. 2) Sumber sekunder; buku, jurnal, penelitian yang relevan dan RPP. Analisis data; 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) RPP Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 2 Sungai Kanan yang di rancang sendiri oleh guru mata pelajaran sejarah sudah di tanda tangani oleh kepala sekolah dan layak untuk dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan Model Pembela- jaran Inkuiri bagi peserta didik mata pelajaran sejarah. Guru menyampaikan suatu pokok masalah atau pristiwa perkembangan kolonialisme dan imperialisme yang akan dibicarakan oleh peserta didik. Kemudian guru menugaskan kepada peserta didik untuk menentukan atau merumuskan masalah yang ada pada pristiwa perkembangan kolonialisme dan imperialisme. Lalu Guru memberikan peserta didik untuk menjawab rumusan masalah atau jawaban sementara yang nantinya akan diuji kebenarannya. kemudian Guru mengumpul-kan data yang dibutuhkan oleh peserta didik dan kelompoknya. Guru mengajak peserta didik untuk memproses data dan informasi. Kemudian guru menyuruh peserta didik membuat kesimpulan tentang perkembangan kolonialisme dan imperialism. 3) Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran sejarah dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa, sehingga proses dan nilai belajar siswa akan lebih baik, jadi dapat di katakan bahwa penggunaan model inkuiri ini efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Pelaksanaan, Model Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 14:41
Last Modified: 01 Dec 2022 14:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item