Fauziah Erwita, - (2022) Penggunaan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Sejarah di MAN 5 Agam. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
FAUZIAH ERWITA - COVER.pdf Download (612kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
|
Text
FAUZIAH ERWITA - FULLTEXT.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fauziah Erwita; 1814090041; Penggunaan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Sejarah di MAN 5 Agam, Skripsi; Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karna selama proses pembelajaran banyak siswa fakum dalam pembelajara. Hal ini berdampak terhadap pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni untuk mendeskripsikan penggunaan metode Role Playing dalam proses pembelajaran, dan mengetahui faktor penghambat dan pendorong pemanfaatan metode role playing dalam pembelajaran serta bagaimana hasil dari penggunaan metode role playing dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari guru sejarah MAN 5 Agam serta siswa/wi kelas XI IPK MAN 5 Agam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan metode role playing mampu membuat siswa yang fakum dalam pembelajaran menjadi aktif, penggunaan metode ini juga mampu menghilangkan kebosanan siswa selama pembelajaran. Faktor pendorong penggunaan metode ini diantaranya: selama ini dalam pembelajaran banyak siswa yang fakum, merasa bosan dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat penggunaan metode ini diantaranya: susahnya siswa untuk fokus dalam memerankan peran yang mereka dapatkan, kekurangan para aktor untuk diperankan, terdapat beberapa siswa yang memiliki peranan ganda. Penggunaan metode role playing dalam pembelajaran membuat siswa aktif dalam belajar, nilai siswa mengalami peningkatan, dan siswa paham akan materi yang diajarkan dengan menggunkan metode tersebut. Kata Kunci : Penggunaan metode role playing, Pemahaman materi sejarah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 12:59 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 12:59 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11482 |
Actions (login required)
View Item |