Annisa Fadnia, Annisa Fadnia (2022) Pemanfaatan Museum Bagindo Aziz Chan Sebagai Sumber Dan Media Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah: Studi Kasus Pada Pengunjung Siswa Tingkat SMA/MA. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Annisa Fadnia_1814090045_Cover,dll - Annisa Fadnia.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text
Annisa Fadnia_1814090045_Fulltext - Annisa Fadnia.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Museum Bagindo Aziz Chan Sebagai Sumber Dan Media Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah: Studi Kasus Pada Pengunjung Siswa Tingkat SMA/MA”, disusun oleh Annisa Fadnia NIM. 1814090045 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya guru menerapkan suatu strategi yang baru dalam proses pembelajaran, yang lebih memberikan semangat bagi peserta didik agar lebih menyenangkan dan lebih kreatif lagi. Sehingga peserta didik tidak memiliki kemampuan dan intelektual yang statis dan kurang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Museum Bagindo Aziz Chan sebagai Media dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah bagi siswa tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif ini merupakan metode penelitian yang mencari kebenaran melalui cara-cara yang alami, natural. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan langsung terjun ke lapangan untuk mengambil data yang dibutuhkan. Penelitian lapangan merupakan metode untuk menemukan secara spesifik data tentang Pemanfaatan Museum Bagindo Aziz Chan sebagai Media dan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah. Sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah dan siswa yang berkunjung ke Museum Bagindo Aziz Chan, serta pemandu Museum Bagindo Aziz Chan. Dari hasil penelitian di lapangan maka dapat diperoleh bahwa pemanfaatan Museum Bagindo Aziz Chan sebagai media dan sumber belajar pada mata pelajaran sejarah bagi siswa tingkat SMA/MA tergolong efektif dan dapat menjadi alternatif pembelajaran di luar kelas, karena koleksi di Museum Bagindo Aziz Chan bisa dijadikan sebagai media dan sumber belajar yang berkaitan dengan mata pelajaran sejarah pada era Penjajahan Belanda. Untuk koleksi yang cocok dimanfaatkan sebagai media belajar sejarah adalah foto-foto Bagindo Aziz Chan dalam menghadapi penjajahan Belanda. Sedangkan untuk koleksi yang cocok dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah adalah kutipan tulisan-tulisan dan buku mengenai Bagindo Aziz Chan. Kata kunci : Museum Bagindo Aziz Chan, Sumber Belajar, Media, Sejarah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 08:47 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 08:47 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11476 |
Actions (login required)
View Item |