Peranan Zainuddin Labay El Yunusy dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau Pada Awal Abad XX

Anggip Wilvon, - (2022) Peranan Zainuddin Labay El Yunusy dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau Pada Awal Abad XX. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Anggip Wilvon_1814090063_Cover,dll-1 - 0063 Anggip Wilvon.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Anggip Wilvon_1814090063_Fulltext-1 - 0063 Anggip Wilvon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peranan Zainuddin Labay El Yunusy dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau Pada Awal Abad XX”. Disusun oleh Anggip Wilvon Nim: 1814090063Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2022 M/1443 H. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau, sistem pendidikan masih bersifat tradisional dengan pendidikan surau di Minangkabau. Hal ini mendorong Zainuddin Labay el-Yunusy melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam di Minangkabau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biografi Zainuddin Labay el-Yunusy, untuk mengetahui peranan Zainuddin Labay el-Yunusy dalam pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau awal abad XX, dan untuk mengetahui pengaruh pembaharuan Zainuddin Labay el-Yunusy terhadap pendidikan di Minangkabau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kepustakaan (Library Research), metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Langkah-langkah penelitian ini: (1) Heuristik yaitu mengumpulkan sumber-sumber, baik sumber primer maupun sumber sekunder. (2) Melakukan kritik sumber terhadap data yang ada dengan kritik internal dan eksternal. (3) Interpretasi yang merupakan analisa terhadap data dan menafsirkannya. (4) Historiografi merupakan penulisan cerita sejarah dalam bentuk karya ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah pertama, Zainuddin Labay el-Yunusy , lahir di sebuah rumah gadang (rumah adat lima ruang) peninggalan neneknya yang terletak di jalan menuju Lubuk Mata Kucing (sebuah pemandian yang indah di zaman Belanda dulu, yang terkenal dengan airnya yang dingin dan biru laksana mata kucing), Kenagarian Bukit Surungan, Padang Panjang tahun 1890 M atau bertepatan dengan tanggal 12 Rajab 1308 H. Ia lahir dari pasangan Syeikh Muhammad Yunus al-Khalidiyah dan Rafi’ah. Pendidikan yang dilalui Zainuddin Labay tidak teratur mulai dari pendidikan keluarga, kemudian masuk ke sekolah pemerintahan, lalu ia belajar kepada tokoh-tokoh pendidikan terkenal di Minangkabau. Zainuddin Labay wafat pada hari kamis tanggal 10 Juli 1924 M/8 Dzulhijjah 1342 H. Kedua, peranan Zainuddin Labay dalam pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau yaitu memperbaharui lembaga pendidikan Islam dengan mendirikan Diniyah School, memasukkan mata pelajaran umum kedalam pendidikan Islam, memperjuangkan hak wanita dalam memperoleh pendidikan, dan membentuk generasi Islam di Minangkabau. Ketiga,pengaruh pembaharuan Zainuddin Labay terhadap pendidikan di Minangkabau yaitu menginspirasi berdirinya pendidikan Islam modern salah satunya Diniyahputeri, perubahan sistem pendidikan halaqah menjadi Klasikal, dan menghasilkan media pendidikan. Kata Kunci : Pembaharuan, Pendidikan Islam, Minangkabau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:48
Last Modified: 01 Dec 2022 08:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item