Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19

Agung Mahyudin, - (2022) Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Agung Mahyudin_1714090035_Cover Dll - Agung Mahyudin.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Agung Mahyudin_1714090035_fulltext - Agung Mahyudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19” disusun oleh Agung Mahyudin, nim. 1714090035 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah yang berkaitan dengan kurang jelasnya arahan dari pemerintah, kesiapan sumber daya manusia, belum adanya kurikulum yang tepat dan keterbatasan sarana dan prasarana sekolah khususnya dukungan toknologi dan jaringan internet yang belum memadai bagi guru maupun siswanya. Oleh sebab itulah penelitian ini diangkat untuk mengetahui bentuk-bentuk problematika dan solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui fenomena pembelajaran di masa pandemi, bentuk problematika dan solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library resersch). Langkah-langkah penelitian ini menggunakan metode: (1) pengumpulan sumber-sumber, baik sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan subjek dan objek penelitian. (2) melakukan kritik sumber terhadap data yang ada dengan kritik internal dan eksternal. (3) analisis data dilakukan dengan teknik content analisis dan penulisan, yang tersaring melalui analisis data dirangkai dengan menggunakan teknik interpretasi, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga menghasilkan karya ilmiah berbentuk (skripsi) yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hasil penelitian ini pertama, fenomena pembelajaran di masa pandemi, dimana proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka kemudian beralih ke proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring atau jarak jauh. Kedua, bentuk problematika PJJ pada mata pelajaran sejarah di masa pandemi dari permasalahan pemerintah, guru tidak mampu mengikuti perubahan dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi, kuota internet yang membutuhkan biaya cukup tinggi. Permasalahan siswa, menurunnya semangat belajar siswa dikarenakan tidak mengerti dengan tugas yang diberikan guru. Permasalahan guru dalam mata pelajaran sejarah, guru kesulitan dalam menyusun RPP, dan media yang digunakan dalam PJJ, guru belum bisa menggunakan teknologi dalam PJJ. Permasalahan orangtua yang kurang menguasai teknologi sehingga mengalami kendala dalam mendampingi anak dalam PJJ. Ketiga, Solusi dalam mengatasi problematika PJJ pada mata pelajaran sejarah di masa pandemi, solusi pemerintah, menerbitkan kurikulum darurat, mengizinkan sekolah untuk menggunakan BOS untuk membeli paket pulsa dan akses internet, menyediakan aplikasi PJJ diantaranya ruangguru, guru berbagi, dan masih banyak lagi. Solusi guru harus mampu menggunakan media pembelajaran salah satunya media film dokumenter dalam PJJ, Guru harus mampu menguasai ilmu teknologi dalam PJJ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:48
Last Modified: 01 Dec 2022 08:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item