PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM BANK SAMPAH LANSEK MANIH DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG

FISKA, ERLINA (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM BANK SAMPAH LANSEK MANIH DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Fiska Erlina_1712040031_BAB I - Fiska Erlina.pdf

Download (320kB)
[img] Text (Bab II)
Fiska Erlina_1712040031_BAB II - Fiska Erlina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
Fiska Erlina_1712040031_BAB III - Fiska Erlina.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Bab IV)
Fiska Erlina_1712040031_BAB IV - Fiska Erlina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Fiska Erlina_1712040031_BAB V- PUSTAKA - Fiska Erlina.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Fiska Erlina_1712040031_COVER DKK - Fiska Erlina.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Fiska Erlina_1712040031_FULLTEXT - Fiska Erlina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fiska Erlina, Bp 1712040031 “Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Bank Sampah Lansek Manih dalam Perekonomian Masayarakat di Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung”, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Ditulis tahun 2022. Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan program bank sampah yang berhubungan dengan lingkungan masyarakat yang memiliki penduduk tergolong kepada masyarakat kurang kepeduliannya terhadap lingkungan. Sehingga pemikiran serta sumbangsinya kepada program bank sampah tidak begitu terlihat. Dengan hal ini perkembangan sebuah program tidak bisa terwujud tanpa peran masyarakat dalam rangka mendukung kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan masyarakat dalam perencanaan program bank sampah dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program bank sampah dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan penelitian yaitu ketua bank sampah, sekretaris bank sampah dan pengelola bank sampah serta masyarakat Nagari Muaro. Sedangkan teknik pengolahan data yang penulis lakukan ialah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam perencanaan program bank sampah yaitu dengan memberikan ide atau saran serta memberikan informasi dalam pengambilan keputusan untuk kegiatan yang akan dilakukan sebagai bentuk program dari bank sampah. Sedangkan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program bank sampah terbagi dalam beberapa bentuk sumbangan yaitu: partisipasi dalam bentuk pikiran, tenaga dan barang. Adanya partisipasi masyarakat dalam perencanaan program bank sampah, membuat program tersebut dapat terlaksana. Sedangkan bentuk keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaannya dapat membantu berjalannya program dari bank sampah. Sehingga apa yang menjadi tujuan berdirinya bank sampah ini dapat tercapai yaitu program bank sampah berjalan dengan baik serta membantu perekonomian masyarakat melalui pelestarian lingkungan dalam pelaksanaan program bank sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:02
Last Modified: 10 Oct 2022 05:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item