PELESTARIAN ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH MELALUI SANGGAR GRALETU DI NAGARI AMPING PARAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN

AULIA, WULANDINI (2022) PELESTARIAN ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH MELALUI SANGGAR GRALETU DI NAGARI AMPING PARAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Aulia Wulandini_1712040020_Bab 1 - Aulia Wulandini.pdf

Download (459kB)
[img] Text (Bab II)
Aulia Wulandini_1712040020_Bab II - Aulia Wulandini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Aulia Wulandini_1712040020_BAB III - Aulia Wulandini.pdf

Download (231kB)
[img] Text (Bab IV)
Aulia Wulandini_1712040020_Bab IV - Aulia Wulandini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
Aulia Wulandini_ 1712040020_Bab V- DAFTAR PUSTAKA - Aulia Wulandini.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Aulia Wulandini_1712040020_coveer dll - Aulia Wulandini.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Aulia Wulandini_1712040020_full - Aulia Wulandini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pelestarian Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Melalui Sanggar Graletu Di Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, ditulis oleh Aulia Wulandini Nim 1712040020 Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2021, 86 halaman. Penelitian ini membahas tentang partisipasi Remaja dalam melestarikan ABS-SBK melalui sanggar Graletu di Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, pada saat ini para remaja sedikit sekali tertarik untuk mengikuti pelestarian ABS-SBK mereka cendrung mengikuti kemajuan zaman baik secara teknologi maupun komunikasi sehingga pada masa ini mereka lebih suka untuk mencari kesenangan sendiri, ada yang sibuk bekerja, sekolah maupun kuliah. Oleh karena itu timbullah ide dari tokoh sanggar Garaletu untuk melestarikan ABS-SBK di sanggar Graletu ini melalui Randai yang terdapat di dalam kaba (cerita rakyat), gerak, dan juga musiknya dengan cara melakukan pendekatan terhadap para remaja dan melihat bakat minat yang dimiliki oleh para remaja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah bentuk pelestarian nilai-nilai ABS-SBK melalui sanggar Graletu, bentuk partisipasi remaja dalam pelestarian nilai-nilai ABS-SBK dan faktor yang mempengaruhi rendahnya minat partisipasi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena metode ini yang sesuai dengan aspek masalah yang diteliti. Subyek penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh pemuda, sekretaris, seksi-seksi sanggar dan para remaja sanggar Graletu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) bentuk pelestarian nilai-nilai ABS-SBK yang di lakukan sanggar Graletu berupa melakukan pendekatan kepada para remaja, melihat adanya hobi dan kemauan para remaja dalam melestarikan nilai-nilai ABS-SBK melalui randai, musik dan juga gerak, b) bentuk partisipasi remaja dalam melestarikan nilai-nilai ABS-SBK berupa kontribusi (peran) baik peran fisik maupun peran non fisik, keikutsertaan dan sukarela (kemauan diri sendiri), c) faktor yang mempengaruhi rendahnya minat partisipasi remaja dalam melestarikan nilai-nilai ABS-SBK berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau faktor yang muncul dari diri remaja itu sendiri seperti sibuk bekerja dan sibuk sekolah atau kuliah sedangkan fakor eksternal dari sanggar tidak ada yang memberatkan para remaja dalam mengikuti pelestarian Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:19
Last Modified: 06 Oct 2022 08:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item