ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI KELAS TINGGI SD/MI

MIFTAHUL, HUSNI (2022) ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI KELAS TINGGI SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Miftahul Husni _1714070091_Cover dll - Mifta Husni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Miftahul Husni_1714070091_BAB I - Mifta Husni.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Miftahul Husni_1714070091_BAB II - Mifta Husni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
Miftahul Husni_1714070091_BAB III - Mifta Husni.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Miftahul Husni_1714070091_BAB IV - Mifta Husni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
Miftahul Husni_1714070091_ BAB V_Daftar Pustak - Mifta Husni.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Miftahul Husni _1714070091_Full Texs - Mifta Husni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

"Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Di Kelas Tinggi SD/MI", yang disusun oleh Miftahul Husni, NIM 1714070091 pada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya hasil belajar IPA peserta didik dikarenakan berbagai macam faktor, salah satu faktor yang menyebabkan masih rendahnya hasil belajar peserta didik karena pendidik belum menerapkan model pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan perbaikan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik, salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan menggunakan metode pembanding. Metode pembanding yaitu penelitian yang dilakukan mengunakan metode pembanding untuk menentukan dampak pengaruh model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan studi kepustakaan dan tabulasi data, yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Schoolar atau Publish or Perish. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus N-Gain yaitu untuk melihat peningkatan yang menggunakan model ini dengan yang sebelum dan sesudah dilakukan pebelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis dari 15 jurnal yang menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA diperoleh hasil Output Paired Sample T Test pada tabel 4.2 menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata 54.57 menjadi 75.22. Hasil uji hipotesis dengan Ha Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas tinggi Sekolah Dasar sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning dan Ho Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas tinggi Sekolah Dasar sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan uji Paires Sampel Test hasil penelitian jurnal pada tabel di atas menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed yaitu 0.005 <0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian berdasarkan nilai N-Gain keseluruhan jurnal yaitu sebesar 0,45 dengan merujuk pada tabel dapat disimpulkan bahwa g > 0,4 yaitu 0,45 > 0,4 jika dilihat dari kategori nilai N Gain tergolong kepada kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:26
Last Modified: 05 Oct 2022 04:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item