ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

SUCI, MELITA PUTRI (2022) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_Cover - Suci Melita Putri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_BAB 1 - Suci Melita Putri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_BAB 2 - Suci Melita Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_BAB 3 - Suci Melita Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_BAB 4 - Suci Melita Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_BAB 5-Daftar Pustaka - Suci Melita Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Suci Melita Putri_1814070042_Fulltext - Suci Melita Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Skripsi prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan di SDN 09 Air Tawar Barat Padang, ditemukan masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika dalam materi operasi hitung campuran. Kesulitan muncul ketika peserta didik harus menerapkan, memikirkan konsep, dan prosedur untuk memecahkan masalah. Masalah yang sering dihadapi peserta didik saat menyelesaikan soal matematika adalah kemampuannya dalam memahami struktur masalah yang terdapat dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: "a) kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. b) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didk kesulitan dalam mengerjakan soal cerita matematika." Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan latar alamiah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Teknik dan instrumen pengambilan datanya yaitu menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi terhadap 10 peserta didik di SDN 09 Air Tawar Barat Padang Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik kesulitan dalam mengubah kalimat soal ke dalam bentuk kalimat matematika, dikarenakan peserta didik kesulitan dalam memahami masalah, sehingga peserta didik salah dalam langkah selanjutnya pada soal cerita matematika. Faktor penyebabnya yaitu Peserta didik kurang menguasai materi yang diberikan dan peserta didik jarang berlatih dalam mengerjakan soal. Kata Kunci : Kesulitan, Soal Cerita Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:20
Last Modified: 05 Oct 2022 04:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item