PENERAPAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 22 ANDALAS BARAT

WINDA, LESTARI (2022) PENERAPAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN 22 ANDALAS BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Cover,dll - Winda Lestari.pdf

Download (935kB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Bab I - Winda Lestari.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Bab II - Winda Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Bab III - Winda Lestari.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Bab IV - Winda Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Bab V_Daftar Pustaka - Winda Lestari.pdf

Download (677kB)
[img] Text
Winda Lestari_1814070019_Fulltext - Winda Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

“Penerapan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Model Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 22 Andalas Barat” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap sosial tanggung jawab peserta didik SDN 22 Andalas Barat yang belum terlihat secara utuh dan menyeluruh dalam situasi pembelajaran dan di luar pembelajaran, seperti masih ada peserta didik yang berbicara dengan teman sambil mengganggu teman, masih ada peserta didik yang tidak mengerjakan tugas/PR, pada saat diberikan tugas secara berkelompok peserta didik masih cenderung mengandalkan teman sekelompoknya, tidak konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran dan tidak piket kelas. Walaupun telah banyak cara yang dilakukan oleh pendidik SDN 22 Andalas Barat dalam menerapkan sikap sosial tanggung jawab peserta didik, permasalahan mengenai sikap sosial tanggung jawab peserta didik masih saja terjadi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembinaan sikap sosial tanggung jawab peserta didik yang dilakukan oleh pendidik di SDN 22 Andalas Barat dan mendeskripsikan penerapan sikap sosial tanggung jawab peserta didik melalui model Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran PKn di kelas VB SDN 22 Andalas Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (file research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu kepala sekolah/wakil kepala sekolah SDN 22 Andalas Barat , wali kelas VB, wali kelas VIA, wali kelas IIIA, wali kelas IC, guru PAI dan guru PJOK serta peserta didik SDN 22 Andalas Barat dan peserta didik SDN 22 Andalas Barat. Sumber data sekunder yaitu arsip-arsip/dokumen-dokumen terkait dengan penerapan sikap sosial peserta didik melalui model number head together (nht) pada mata pelajaran PKn di SDN 22 Andalas Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan data reduction /reduksi data, Data Display/penyajian data dan conclusion drawing /penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembinaan sikap sosial tanggung jawab peserta didik yang dilakukan oleh pendidik di SD N 22 Andalas Barat, ada beberapa cara yang dilakukan oleh pendidik yaitu: 1) pola pembiasaan, 2) keteladanan, 3) teguran dan nasehat, 4) sanksi/hukuman. Penerapan sikap sosial tanggung tawab peserta didik melalui model number headtTogether (nht) pada mata pelajaran PKn di kelas VB SDN 22 Andalas Barat ada beberapa hal yang dilakukan oleh pendidik, yaitu: 1) daya dukung, 2) sintagmatis, 3) prinsip reaksi, 4) sistem sosial. Kata Kunci: Sikap Sosial, Model Number Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:59
Last Modified: 05 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item