VANESHA, VANESHA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Vanesha_1814070008_Cover,dll - vanesha icha.pdf Download (1MB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Bab I - vanesha icha.pdf Download (435kB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Bab II - vanesha icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Bab III - vanesha icha.pdf Download (386kB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Bab IV - vanesha icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Bab V -Daftar Pustaka - vanesha icha.pdf Download (409kB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Produk - vanesha icha.pdf Download (3MB) |
|
Text
Vanesha_1814070008_Fulltext - vanesha icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD/MI, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakaan dalam pembelajaran tidak variatif, karena hanya menggunakan buku cetak tema. Selain itu, pendidik juga menggunakan LKS yang dijual dipasaran sehingga kurang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kendala seperti itu membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yang aktif dan melatih kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD/MI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Pendefenisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas, dan tes efektifitas berupa soal. Uji validasi lembar kerja peserta didik diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, dan media. Uji praktikalitas diberikan kepada 2 orang pendidik dan 10 orang peserta didik dinilai dari aspek kemudahan penggunaan LKPD, dan manfaat LKPD. Uji efektifitas diberikan kepada 10 orang peserta didik di SDN 02 Mungo dinilai dari aspek kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM pada tema 9 “Kayanya Negeriku” sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh dari aspek bahasa, materi, dan media memperoleh rata-rata validitas sebesar 89,33% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata praktikalitas sebesar 95% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji efektifitas yang dilakukan kepada 10 orang peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 86% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci : LKPD, STEM, Kreatif, Abad ke-21
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:54 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
View Item |