SOUFI, NADIAH (2022) PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE FONIK PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 15 ANDURING KEC. KURANJI KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Soufi Nadiah_1814070077_Cover,dll - 0077 Soufi Nadiah.pdf Download (1MB) |
|
Text
SOUFI NADIAH_1814070077_BAB I - 0077 Soufi Nadiah.pdf Download (419kB) |
|
Text
SOUFI NADIAH_1814070077_BAB II - 0077 Soufi Nadiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
SOUFI NADIAH_ 1814070077_BAB III - 0077 Soufi Nadiah.pdf Download (282kB) |
|
Text
SOUFI NADIAH_1814070077_BAB IV - 0077 Soufi Nadiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
SOUFI NADIAH_1814070077_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - 0077 Soufi Nadiah.pdf Download (358kB) |
|
Text
Soufi Nadiah_1814070077_Full Text - 0077 Soufi Nadiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
“Peran Guru Dalam Memberikan Bimbingan Belajar Membaca Permulaan dengan Metode Fonik Pada Peserta Didik di Kelas 2 SDN 15 Anduring Kec. Kuranji Kota Padang” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Imam Bonjol Padang, Tahun 1444 H/ 2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dalam mengenali huruf yang bentuknya mirip seperti huruf “b” dan “d” 2) kurang lancar dalam mengeja 3) Sulit mengucapkan kata yang panjang, 4) kesulitan dalam menyebutkan kembali informasi yang diberikan secara lisan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan metode fonik pada kelas II, mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan metode fonik di kelas II, mendeskripsikan strategi kesulitan membaca yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan membaca siswa dengan metode fonik di kelas II, mendeskripsikan hambatan yang dialami guru untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan siswa mengalami kesulitan membaca dengan metode fonik di kelas II, untuk mendeskripsikan solusi yang diberikan guru untuk mengatasi siswa uang mengalami kesulitan membaca dengan metode fonik di kelas II. Jenis Penelitiannya adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 4 orang dan 1 orang pendidik yakni wali kelas II serta sumber data yang lainnya. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini adalah peserta didik diberikan media gambar yang menarik perhatian siswa, guru kelas II mengajarkan peserta didik bunyi dari setiap huruf, setelah peserta didik menguasai bunyi huruf dan nama huruf maka langkah selanjutnya mengajarkan peserta didik menggabungkan huruf-huruf tersebut secara terpisah atau satu persatu dan mengajak peserta didik menyebutkan suarasuara huruf tersebut. Selanjutnya huruf-huruf yang diperkenalkan satu persatu dirangkai menjadi kata yang bermakna untuk membunyikan huruf, mencari bunyi huruf tertentu pada kata, kemudian peserta didik diminta kedepan memegang benda yang ada huruf a, huruf b sebelum guru menggunakan metode fonik peserta didik masih ada kesulitan dalam membaca guru kelas II dari 28 siswa kelas II, yang mengalami kesulitan membaca ada 4 siswa yaitu siswa yang berinisial MAA, SS, ZAP, NJK dengan bimbingan yang diberikan guru sudah baik dibanding dengan sebelum menggunakan metode fonik guru terbantu memberikan suatu dasar bagi anak dalam proses penangkapan informasi dari guru dan metode ini dapat meningkatkan belajar anak dalam membaca permulaan di kelas II. Kata kunci: Peran Guru, bimbingan belajar membaca permulaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:16 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:16 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11240 |
Actions (login required)
View Item |