PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

SISI, SUSANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Cover, dll - 0100 sisi susanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Bab I - 0100 sisi susanti.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Bab II - 0100 sisi susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Bab III - 0100 sisi susanti.pdf

Download (937kB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Bab IV - 0100 sisi susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Bab V - 0100 sisi susanti.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Sisi Susanti_1814070100_Fulltext - 0100 sisi susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan”, yang ditulis oleh Sisi Susanti, NIM 1814070100, pada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena kurang variatif dalam penggunaan model pembelajaran di Sekolah Dasar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran probing prompting. Kemudian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 9 benda-benda disekitar kita kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel peserta didik kelas VB UPT SDN 09 Labuhan Tanjak sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VA UPT SDN 09 Labuhan Tanjak sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes essay. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Kelima indikator berpikir kritis yang diterapkan pada penelitian ini meningkat setelah menggunakan model pembelajaran probing prompting. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 80,85 dan kelas kontrol 67,15. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,5654 > 2,02439. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Kata Kunci: Model pembelajaran, Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:19
Last Modified: 04 Oct 2022 08:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item