SISI, MONA FITRI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_Cover,dll - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Download (942kB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_Bab 1 - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Download (537kB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_BAB II - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_181407009_BAB III - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Download (799kB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_BAB IV - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_Bab V - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Download (506kB) |
|
Text
Sisi Mona Fitri_1814070009_Fulltext - 0009 Sisi Mona Fitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 186 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Pendidik kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Pendidik kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran seperti ini menyebabkan suasana beajar menjadi membosankan dan menyebabkan kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran Problem Posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Populasi penelitian seluruh kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes essay. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Posing memberi nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Problem Posing 80,8 dan nilai rata-rata dengan model pembelajaran konvensional 60,55. Hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,1658 > 2,02439 Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika kelas V SD UPT 09 Labuhan Tanjak kabupaten Pesisir Selatan pada materi volume bangun ruang. Dimana dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik di bandingkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 08:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 08:10 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11237 |
Actions (login required)
View Item |