EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SAAT TRANSISI PEMBELAJARAN DARING KE LURING DI SDN 15 ANDURING KOTA PADANG

RIFDOH, ULMI (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SAAT TRANSISI PEMBELAJARAN DARING KE LURING DI SDN 15 ANDURING KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Bab I - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Cover, dll - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Bab II - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Bab III - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Bab IV - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Bab V_Daftar Pustaka - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Rifdoh Ulmi_1814070113_Fulltext - Rifdoh ulmi Ulmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) saat Transisi Pembelajaran Daring ke Luring di SDN 15 Anduring Kota Padang, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat pembelajaran tatap muka, dimana peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, lebih banyak diam ketika ditanya materi yang telah diberikan, kemudian kurang mengerti dengan pembelajaran yang telah disampaikan, mengakibatkan nilai peserta didik banyak yang di bawah KKM sedangkan pada saat pembelajaran daring nilai peserta didik tinggi, karena pada saat pembelajaran daring pendidik hanya mengirimkan tugas lewat group WhatsApp, sehingga banyak peserta didik yang mengerjakan tugasnya dengan bantuan orang tua atau dengan menggunakan google untuk mendapatkan jawaban sehingga pelajaran yang diberikan tidak dapat dipahami. Oleh karena itu, Pendidik harus mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran STAD, karena model pembelajaran STAD lebih menekankan pada belajar berkelompok. Tujuan dari penelitian ini antara lain: Mendeskripsikan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) saat Transisi Pembelajaran Daring ke Luring di SDN 15 Anduring Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan 2 orang peserta didik. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan peserta didik meningkat pada saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD seperti aktif dalam kelompok, tidak sering keluar masuk kelas dan didik tidak ribut di kelas (2) Keterampilan peserta didik saat mengemukakan pendapat ditandai dengan peserta didik banyak bertanya, menjawab pertanyaan guru atau teman yang lain dan berani membacakan hasil diskusi kelompoknya (3) Interaksi peserta didik saat melakukan diskusi secara berkelompok seperti peserta didik saling bekerja sama mengerjakan LKS dalam kelompoknya, membantu teman yang belum memahami materi pembelajaran yang telah diberikan dan semua anggota kelompok terlibat dalam diskusi (4) Hasil belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan model pembelajaran STAD. Kata kunci: Efektivitas, STAD, Transisi Daring ke Luring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:39
Last Modified: 04 Oct 2022 07:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item