PENGGERAKAN KEPEMIMPINAN NINIAK MAMAK DALAM MEMBINA KEMENAKAN PADA KAN AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

SYAMSUL, BAHRI (2022) PENGGERAKAN KEPEMIMPINAN NINIAK MAMAK DALAM MEMBINA KEMENAKAN PADA KAN AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Syamsul Bahri_1712030135_BAB I - Syamsul Bahri.pdf

Download (842kB)
[img] Text (Bab II)
Syamsul Bahri_1712030135_BAB II - Syamsul Bahri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
Syamsul Bahri_1712030135_BAB III - Syamsul Bahri.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Bab IV)
Syamsul Bahri_1712030135_BAB IV - Syamsul Bahri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
Syamsul Bahri_1712030135_BAB V-DAFTAR PUSTAKA (1) - Syamsul Bahri.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Syamsul Bhari_1712030135_Cover, dll - Syamsul Bahri.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Syamsul Bahri_1712030135_Fulltext - Syamsul Bahri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

kripsi ini disusun oleh Syamsul Bahri, NIM 1712030135, mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan judul Penggerakan Kepemimpinan Niniak Mamak Dalam Membina Kemenakan Pada KAN Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Latar belakang penelitian ini adalah dari pengamatan penulis tentang kurangnya peran niniak mamak dalam memberikan pembinaan kepada kemenakan terlihat dari buruknya prilaku kemenakan. Sebagai sebuah lembaga perkumpulan dari niniak mamak, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, memiliki peran untuk menjaga kelestarian adat dan menyelesaikan semua permasalahan yang berkaitan dengan adat Minangkabau termasuk di dalamnya membina kemenakan. Sebuah lembaga bisa mencapai tujuannya apabila pemimpin dari lembaga tersebut bisa menggerakkan anggotanya untuk saling bekerja sama guna mencapai tujuan yang di inginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan fungsi penggerakan (komunikasi, bimbingan, koordinasi dan komunikasi) pada KAN Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif yang merupakan suatu metode penelitian dengan melihat dan menggambarkan fakta-fakta yang ada dilapangan secara nyata kemudian dijadikan sebuah data penelitian. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari pengurus KAN Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, setelah dikumpulkan penulis mengelola data tersebut dengan cara memeriksa kembali, mengklarifikasikan, menampilkan dan menafsirkannya sesuai dengan pertanyaan peneliti. Hasil penelitian yaitu penulis dapat mengetahui dan memahami bahwa pemberian motivasi yang diberikan kepada pengurus yaitu berupa, dorongan, semangat, berbentuk pujian dan mengingatkan kembali pengurus bahwa mereka adalah seorang niniak mamak yang memiliki tugas untuk memelihara kemenakan, yang dilakukan ketika mengadakan pertemuan. Pemberian bimbingan yang dilakukan kepada pengurus berupa mengarahkan, menasehati, memberikan pelatihan dan pemahaman. Cara untuk melakukan bimbingan yaitu dengan cara berdiskusi dengan kemenakan terkait masalah kemenakan. Adapun bentuk koordinasi yang dilakukan kepada pengurus yaitu koordinasi vertikal dari pimpinan kepada kepala bidang dan anggota, kemudian apapun kesepakatan dari pertemuan KAN Aie Dingin, menjadi tanggung jawab anggota untuk menyampaikan informasi kepada niniak mamak yang lain yang ada di setiap jorong. Bentuk komunikasi yang dilakukan dengan pengurus yaitu komunikasi kelompok yang dilakukan saat pertemuan, komunikasi tidak langsung, dan komunikasi secara langsung ketika ada keperluan dengan anggota pengurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:24
Last Modified: 04 Oct 2022 08:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item