PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 9 PADANG

Agusti Maigo, Igo (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 9 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER)
1. COVER IGO, PERSETUJUAN PEMBIMBING IGO, ABSTRAK IGO.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I IGO.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2. BAB II IGO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text (BAB 3)
2. BAB III IGO.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB 4)
2. BAB IV IGO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
2. BAB V IGO.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
3. DAFTAR PUSTAKA IGO.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (GABUNGAN KESELURUHAN)
4. PERSETUJUAN PEMBIMBING IGO_Lampiran 13. BIODATA PENULIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh “Agusti Maigo NIM. 1314090125 dengan judul “Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 9 Padang” Prodi Tadris IPS Konsentarsi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku peserta didik yang belum menunjukkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme yang baik dan masih jauh dari yang diharapkan walaupun telah mempelajari dan ditanamkan oleh pendidik pada setiap kesempatan. Berdasarkan hal itu mata pelajaran sejarah memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme karena tujuan pembelajaran sejarah itu adalah menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme atau menjadikan warga negara yang baik yakni memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta tindakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Padang. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana perencanaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pembelajaran sejarah, bagaimana palaksanaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pembelajaran sejarah, bagaimana evaluasi penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang tergolong ke dalam penelitian lapangan (field researh). Informan penelitian adalah Pendidik Sejarah, Peserta Didik, dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, dalam perencanaan pembelajaran belum terlihat penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam indikator pencapaian pembelajaran, dari dua orang pendidik belum sepenuhnya memasukan nilai nasionalisme dan patriotisme. Kedua, Dalam pelaksanaan pembelajaran dari dua orang pendidik mencontohkan teladan sebagai awal dari penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada peserta didik, serta memasukkan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari peserta didik misalnya : membantu orang tua, menghargai dan mendengar nasehat dari orang tua, melaksanakan tata tertib sekolah, mengikuti upacara dengan hikmat, menghormati guru, menjaga keamanan lingkungan kelas, saling menghargai sesama teman, menghormati jasa para pahlawan, menjaga benda-benda bersejarah, mencintai produk dalam negeri, melestarikan budaya, dan berani membela kebenaran dan keadilan. Dalam pembelajaran sejarah pendidik mengkaitkan materi sejarah dengan nilai nasionalisme dan patriotisme. Ketiga, evaluasi yang dilakukan pendidik diambil dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor, tetapi pada aspek afektif dan psikomotor tidak terlihat bagaimana teknik penilaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:45
Last Modified: 29 Jun 2018 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item