PENERAPAN MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIS-TI KOTO PANJANG PAYAKUMBUH

M. AZMUL JUNDI, JUNDI (2022) PENERAPAN MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MIS-TI KOTO PANJANG PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
M. Azmul Jundi_1814070075_Cover, dll (oke) - Muhammad Azmul jundi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
M - Muhammad Azmul jundi. Azmul Jundi_1814070075_Bab I (asli).pdf

Download (1MB)
[img] Text
M - Muhammad Azmul jundi. Azmul Jundi_1814070075_Bab II (asli).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
M. Azmul Jundi_1814070075_Bab III - Muhammad Azmul jundi.pdf

Download (572kB)
[img] Text
M. Azmul Jundi_1814070075_Bab IV - Muhammad Azmul jundi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
M. Azmul Jundi_1814070075_Bab V - Daftar Pustaka - Muhammad Azmul jundi.pdf

Download (356kB)
[img] Text
M. Azmul Jundi_1814070075_fulltext (oke) - Muhammad Azmul jundi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dengan judulPenerapanModelPOE(Predict,Observe,Explain)terhadapHasil BelajarPesertaDidikdalam PembelajaranIPA kelasIV diMIS-TIKoto Panjang Payakumbuh. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri Imam BonjolPadang,Tahun2022. Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarpeserta didik dalam pembelajaran IPA kelas IV diMIS-TI Koto Panjang Payakumbuh,yaitusalahsatunyadisebabkanolehmodelpembelajaran yangbelum dapatmengaktifkandanmelibatkanlangsungpesertadidik, pendidiklebihseringmenggunakanmodelpembelajaranKonvensional, dimana dalam pembelajarannya didominasioleh kegiatan pendidik (teachercenteredlearning).Olehkarenaitu,perluditerapkannyaModel POE (Predict,Observe,Explain) dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelPOEterhadaphasilbelajar pesertadidikpadaranahafektif(sikap)danranahkognitif(pengetahuan) dalam PembelajaranIPAkelasIVdiMIS-TIKotoPanjangPayakumbuh. PenelitianinimerupakanpenelitianEksperimendenganrancangan yangdigunakanadalahCounterbalanceDesign.Populasipenelitianadalah kelasIVMIS-TIKotoPanjangPayakumbuhdenganmenggunakanteknik TotalSampling.Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembarobservasiuntukaspekafektifdanteshasilbelajaruntukaspek kognitif.Datayangdiambilkemudiandiujidenganmenggunakant-Test: Two-SampleAssumingEqualVariances. HasilpenelitianmenunjukkanModelPOEmemperolehnilairata-rata hasilbelajar(aspekkognitif)danlembarobservasi(aspekafektif)peserta didiklebihbaikdaripadapembelajarankonvensional.Nilairata-ratadari hasilobservasi(aspekafektif)pesertadidikdenganmenggunakanModel POEadalah91,96.Sementarapembelajarankonvensionaladalah85,17. Diperolehhasiluji-tyaitunilaisig.(1-tailed)0,0251sehingganilaisig.<0,05 dan nilaithitung 2,80 > ttabel1,66,maka Ha diterima,maka H0 ditolak. Sementarauntuknilairata-ratahasilbelajar(aspekkognitif)pesertadidik denganmenggunakanModelPOEadalah87,76.Sementarapembelajaran konvensionaladalah74,41.Diperolehhasiluji-tyaitunilaisig.(1-tailed) 0,0001sehingganilaisig.<0,05dannilaithitung3,91>ttabel1,66,makaHa diterimadanH0ditolak.MakadapatdikatakanbahwamodelPOEdapat memberikanhasilbelajaryanglebihbaikpadaranahafektifdankognitif dalam Pembelajaran IPA.Untuk itu,dapatdisarankan bagipendidik menerapkan modelPOE dalam Pembelajaran IPA agarhasilbelajar pesertadidikmenjadilebihbaik.Terutamapadatema9KayanyaNegeriku, subtema2PemanfaatanKekayaanAlam diIndonesia,pembelajaran3. KataKunci:ModelPOE,hasilbelajar(afektifdankognitif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:21
Last Modified: 04 Oct 2022 04:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item