PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS DI UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

JIGSA, MERIANTARA (2022) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS DI UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Jigsa Meriantara_1814070086_cover,dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jigsa Meriantara_1814070086_BAB I - Jigsa Meriantara.pdf

Download (556kB)
[img] Text
Jigsa Meriantara_1814070086_BAB II - Jigsa Meriantara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
Jigsa Meriantara_1814070086_BAB III - Jigsa Meriantara.pdf

Download (265kB)
[img] Text
jigsa meriantara_1814070086_BAB IV - Jigsa Meriantara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
Jigsa Meriantara_1814070086_BAB V - Jigsa Meriantara.pdf

Download (430kB)
[img] Text
jigsa meriantara_1814070086_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas di UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep peserta didik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak masih banyak yang rendah sehingga hasil belajar sebagian besar dibahwa Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM (70). Rendahnya pemahaman konsep peserta didik seiring dengan rendahnya kreativitas. Penyebabnya karena model yang kurang bervariasi dan kurangnya kegiatan dalam mengembangkan ide peserta didik. Oleh karena itu perlu diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap pemahaman konsep dan kreativitas di UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy eksperimen dengan desain Posttest Only, Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas.Teknik pengampilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk soal essay untuk pemahaman konsep, dan kreativitas menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Hasil penelitian menemukan bahwa pemahaman konsep dan kreativitas memberikan hasil yang berbeda, hal ini terlihat dari rata-rata pemahaman konsep untuk kelas eksperimen sebesar 81,75 dan kelas kontrol sebesar 67,35. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung =5,186 dan ttabel =1,686 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung>ttabel (5,186>1,686) dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima, terlihat dari rata-rata kreativitas peserta didik untuk kelas eksperimen sebesar 98,85 dan kelas kontrol 89,8 berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung>ttabel (2,367>1,686) sehingga H0 ditolak H1 diterima. Kesimpulkan didapat bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model SFE. Kata Kunci: Model Student Facilitator and Explaining (SFE), Pemahaman konsep dan Kreativitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:14
Last Modified: 04 Oct 2022 04:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item