HERAWATI, LUBIS (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS V DI SD N 112248 SAMPEAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Herawati lubis_1814070051_Cover dll - 0051 Herawati lubis.pdf Download (763kB) |
|
Text
Herawati Lubis-1814070051-BAB 1 - 0051 Herawati lubis.pdf Download (444kB) |
|
Text
Herawati Lubis -1814070051-BAB II - 0051 Herawati lubis.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
Text
Herawati Lubis-1814070051-BAB III - 0051 Herawati lubis.pdf Download (550kB) |
|
Text
Herawati Lubis-1814070051-BAB IV - 0051 Herawati lubis.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
|
Text
herawati lubis-1814070051 BAB V-DAFTAR PUSTAKA - 0051 Herawati lubis.pdf Download (503kB) |
|
Text
Herawati Lubis_1814070051_Fulltext - 0051 Herawati lubis.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Paragraf Deskripsi Peserta Didik Kelas V di SD N 112248 Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Ditulis oleh Herawati Lubis Nim 1814070051 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri ImamBonjol Padang. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan tanda baca titik, koma, dan hubung yang dibuat oleh peserta didik dalam menulis paragraf deskripsi. Terdapat kesalahan penggunaan tanda baca titik dengan presentase kesalahan 65% (7 peserta didik belum mencapai KKM dan 3 peserta didik telah mencapai KKM) , kesalahan penggunaan tanda baca koma dengan presentase 60%,(6 enam peserta didik belum mencapai KKM dan 4 peserta didik telah mencapai KKM ), kesalahan penggunaan tanda baca hubung dengan presentase 35%. (3 peserta didik belum mencapai KKM dan 7 peserta didik telah mencapai KKM) dalam menulis paragraf deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasikan, pembetulan/ pengeroksian dan penyimpulan. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 112248 Sampean tahun ajaran 2021/2022 . populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Yang berjumlah 13 orang dan yang hadir hanya 10 orang. peserta didik sekaligus menjadi sample penelitian. Kesalahan tanda baca terbanyak yaitu kesalahan penghilangan tanda titik pada akhir kalimat, yang bukan pertanyaan seruan, dan kesalahan pelatakan tanda baca titik. Indikasi yang menyebabkan kesalahan ini terjadi. pertama ketidak telitian peserta didik setelah akhir kalimat menggunakan tanda baca titik sehingga peserta didik kurang memperhatikan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Kedua ketidaktahuan peserta akan penempatan tanda titik ketika akhir kalimat. Faktor lain penyebab kurang baik selama proses belajar, pendidik yang hanya menggunakan bahasa tulis, dan materi ajar yang kurang dipahami peserta didik. Bagi peserta didik untuk menghindari kesalahan penggunaan tanda baca dalam menulis paragraf deskripsi. Dan sebaiknya peserta didik harus melatih dan membiasakan diri dalam menulis menggunakan tanda baca dengan baik dan benar. kata Kunci :Kesalahan Tanda Baca, Paragraf Deskripsi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 03:56 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 03:56 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11196 |
Actions (login required)
View Item |