DEA, ANGGELA KARITA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARANTEMATIK KELAS V UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Cover,dll-1 - 0010 Dea anggela karita.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Bab I - 0010 Dea anggela karita.pdf Download (438kB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Bab II - 0010 Dea anggela karita.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Bab III - 0010 Dea anggela karita.pdf Download (669kB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Bab IV - 0010 Dea anggela karita.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Bab V - 0010 Dea anggela karita.pdf Download (481kB) |
|
Text
Dea Anggela Karita_1814070010_Fulltext-1 - 0010 Dea anggela karita.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Tematik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan, di antaranya dalam pembelajaran pendidik kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Pusat pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Pendidik kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran seperti ini menyebabkan suasana belajar menjadi membosankan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran Scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Scramble dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Populasi penelitian seluruh kelas V UPT SDN 09 Labuhan Tanjak dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes essay. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian di peroleh model pembelajaran Scramble memberi nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Scramble 80,85 dan nilai rata-rata dengan model pembelajaran konvensional 66,95. Hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung ttabel yaitu 3,6387 2,09302 Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Scramble dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik kelas V SD UPT 09 Labuhan Tanjak kabupaten Pesisir Selatan. Kata Kunci: Scramble, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 02:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 02:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11184 |
Actions (login required)
View Item |