PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DIDIK KELAS V DI SDN 15 ANDURING PADANG

ADENG, FAJAR WIBAWA (2022) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DIDIK KELAS V DI SDN 15 ANDURING PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_CoverDll - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf

Download (831kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_BAB 1 - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_BAB 2 - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_BAB 3 - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_BAB 4 - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_BAB V - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Adeng Fajar Wibawa_1814070045_FullText - 0045 Adeng fajar wibawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“Pelaksanaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN 15 Anduring Padang.” yang disusun oleh Adeng Fajar Wibawa. NIM 1814070045. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidik yang masih menerapkan model pembelajaran konvesional dan peserta didik masih sulit memahami isi bacaan dikarenakan minat baca peserta didik yang kurang dan mengakibatkan hasil belajar belajar bahasa Indonesia peserta didik masih rendah dilihat dari hasil ujian mid peserta didik Penelitian bertujuan untuk melihat bagaiamana perencanaan dan pelaksanaan pendidik dalam mempersiapkan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan membaca pemahaman peserta didik dalam pemelajaran bahasa Indonesia dan untuk melihat apa saja kendala pendidik dalam menerapkan model reciprocal teaching untuk meningkatkan membaca pemahaman peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah penelitian ini analisis dokumen. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian lapangan (Field Rsearch) menunjukan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 15 Anduring menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Berdasarkan hasil penelitian lapangan (Field Research) sebagaimana yang telah disampaiakan pada bagian sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 15 Anduring Padang Kata Kunci: Penerapan, Model Reciprocal Teaching, dapat Meningkatkan Membaca Pemahaman peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:25
Last Modified: 04 Oct 2022 02:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11183

Actions (login required)

View Item View Item