IMPLEMENTASI MODEL MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 27 SAGO

ABDUL, MALIK (2022) IMPLEMENTASI MODEL MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 27 SAGO. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Abdul Malik_Cover,Pengesahan,Persetujuan Pembimbing,Kata pengantar,Daftar isi, dll. - perpus febi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abdul Malik_1814070016_ Bab I - Abdul Malik.pdf

Download (499kB)
[img] Text
Abdul_Malik_1814070016_Bab II - Abdul Malik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Abdul Malik_1814070016_Bab III - Abdul Malik.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Abdul Malik_1814070016_Bab IV - Abdul Malik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
Abdul Malik_1814070016_Bab V-Daftar Pustaka - Abdul Malik.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Abdul Malik_1814070016_Fulltext. - perpus febi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Model Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas V SDN 27 Sago, ditulis oleh Abdul Malik NIM 1814070016. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakngi oleh peserta didik belum berperan aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya minat peserta didik menjawab pertanyaan dari guru dan disaat menjawab pertanyaan berdasarkan buku teks bacaan peserta didik masih melihat buku teks bacaan tanpa memahami teks bacaan tersebut sehingga berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 27 Sago tahun ajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari penilaian harian tema 1 peserta didik kelas V B dari 18 peserta didik 10 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 55,56% dan yang tidak tuntas 8 peserta didik dengan persentase 44,44%. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model Multiliterasi dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model Multiliterasi dan tanpa menggunakan model Multiliterasi kelas V SDN 27 Sago. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas V A dan V B. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (Porposive Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V B dan kelas kontrol V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 28. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (post test) kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen 83,57 dan rata-rata nilai Tes Akhir kelas kontrol 80,71. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 78,5% sedangkan pada kelas kontrol 71,4%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,011 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,011 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Multiliterasi ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman ketika penggunaan model Multiliterasi dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 27 Sago. Kata Kunci: Model Multiliterasi, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:22
Last Modified: 04 Oct 2022 02:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item View Item