ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH

WINDA, WINDA (2022) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
winda_1714070134_cover dll - Winda Aja.pdf

Download (325kB)
[img] Text
winda_1714070134_bab 1 - Winda Aja.pdf

Download (290kB)
[img] Text
winda_1714070134_bab 2 - Winda Aja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
winda_1714070134_bab 3 - Winda Aja.pdf

Download (180kB)
[img] Text
winda_1714070134_bab 4 - Winda Aja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
winda_1714070134_bab 5 d pustaka - Winda Aja.pdf

Download (230kB)
[img] Text
winda_1714070134_fullteks - Winda Aja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Rendah di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah”, (skripsi 2022) yang disusun oleh Winda, NIM 1714070134, pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat baca peserta didik di Sekolah Dasar. Pemerintah telah merancang suatu Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca yang dikembangkan dalam Peraturan Menteri dan Kebudayaan No. 23 tahun 2015 mengenai pertumbuhan budi pekerti. Salah satu program dalam gerakan tersebut adalah kegiatan membaca 15 menit, membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Program ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik dapat meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai lebih baik. Adapun di era yang modern ini masyarakat banyak yang tidak mementingkan membaca, terutama anak muda yang sering memilih memainkan handphone dari pada membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses kegiatan literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, dan mengetahui minat baca peserta didik setelah dilakukan literasi di Sekolah Dasar/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kepustakaan dengan Analisis Isi (Conten Analysis). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dan informasi literatur-literatur seperti hasil penelitian, catatan, buku, jurnal, internet dan artikel. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam gerakan literasi sekolah ada beberapa kegiatan yaitu kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, membuat pojok literasi membaca, dan melaksanakan perlombaan yang mendukung kegiatan literasi. Tahapan pelaksanaan gerakan literasi ada tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis juga dipeoleh kesimpulan bahwa minat baca meningkat setelah melakukan literasi disekolah. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:06
Last Modified: 04 Oct 2022 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item