IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 PPA KOTA SOLOK

NURDINATUL, FATRIS (2022) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 PPA KOTA SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_cover dll - Nurdinatul Fatris01.pdf

Download (453kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_bab 1 - Nurdinatul Fatris01.pdf

Download (331kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_bab 2 - Nurdinatul Fatris01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_bab 3 - Nurdinatul Fatris01.pdf

Download (209kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_bab 4 - Nurdinatul Fatris01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_bab 5 d pustaka - Nurdinatul Fatris01.pdf

Download (765kB)
[img] Text
nurdinatul fatris_1714070131_fullteks - Nurdinatul Fatris01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

“Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran kurang memberikan kesempatan maksimal kepada peserta didik untuk berfikir kritis. Pembelajaran kurang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang mampu untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Belum adanya variasi penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok, bagaimana pelaksanaan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok, bagaimana evaluasi model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah pendidik sudah menyiapkan RPP sebelum pembelajaran dimulai dengan komponen yang sesuai. Sumber belajar yang digunakan pendidik saat mengajar adalah buku guru dan buku siswa, dan juga buku-buku lain yang terkait dengan materi yang diajarkan serta buku paket dan LKS. Dalam pelaksanaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok sudah direalisasikan dengan sebagaimana mestinya Dalam penerapan model Discovery Learning langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan sudah terlaksana dengan seharusnya hal ini terlihat saat observasi yang dilakukan penulis di lapangan. Hasil dari Evaluasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN 09 PPA Kota Solok peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, peserta didik lebih suka bertanya ataupun menyampaikan pendapat baik diskusi ataupun tanya jawab, Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Hal ini berdasarkan penilaian harian peserta didik yang memuat soal berfikir kritis peserta dapat mengerjakannya dengan baik dan hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM, dan berdasarkan indikator berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:52
Last Modified: 04 Oct 2022 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item