PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 8 SUBTEMA 1 MIN 2 KOTA PARIAMAN

FARHAN, ALFURQAN (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 8 SUBTEMA 1 MIN 2 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_COVER, DLL - Farhan Alfurqan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_ BAB 1 - Farhan Alfurqan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_BAB 2 - Farhan Alfurqan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_BAB 3 - Farhan Alfurqan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_BAB 4 - Farhan Alfurqan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_BAB 5, PUSTAKA - Farhan Alfurqan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
FARHAN ALFURQAN_1714070099_FULL TEXT. - Farhan Alfurqan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Filmora Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Tema 8 Subtema 1. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 82 Halaman. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik minat dan semangat belajar peserta didik dalam menunjang kemampuan berpikir kritispeserta didik. Secara umum pendidik sudah menggunakan media, namun belum maksimal dan mampu meningkatkan minat pesertadidik. Pendidik hanya menggunakan media seperti gambar, buku paket dan LKS bahkan hanya menggunakan papan tulis.Pendidik membutuhkan media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar serta kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan pengembangan media berupa video pembelajaran menggunakan aplikasi Filmora. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadan untuk mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas video pembelajaran tema lingkungan tempat tinggalku untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Dessiminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu angket validitasdan angket praktikalitas. Uji validitas media pembelajaran diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi,dan media. Uji praktikalitas diberikan kepada 2 orang pendidik dan 7 orang peserta didik di MIN 2 Kota Pariaman dinilai dari aspek efesiensi waktu, kemudahan penggunaan media, dan manfaat media. Produk yang dihasilkan sudah dikategorikan validdan praktis. Media dinyatakan valid dari segi bahasa. materi, dan media diperoleh nilai 95.80% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media oleh pendidik diperoleh nilai 94% dan peserta didik diperoleh nilai 88,1% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media berupa video pada pembelajaran tematik dikategorikan sangat validdan sangat praktis, serta dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:49
Last Modified: 04 Oct 2022 01:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item