ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD/MI

NOFI, SAFITRI (2022) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Novi_1614070097_cover sd daftar isi - Novi Safitri.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Novi_1614070097_BAB I - Novi Safitri.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Novi_1614070097_BABII - Novi Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Novi_1614070097_BAB III - Novi Safitri.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Novi_1614070097_BAB IVpdf - Novi Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
Novi_1614070097_BAB V_D.Pustakapdf - Novi Safitri.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Novi_1614070097_full teks KIRIM - Novi Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran belum melibatkan kemampuan peserta didik secara maksimal, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif, kurang bervariasi dan kurang menarik sehingga menyebabkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran memerlukan model pembelajaran dan melibatkan peserta didik secara aktif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari 8 jurnal, 4 jurnal dengan kategori rendah penelitian yang dilakukan oleh Septiana Unggul, dkk, Ari Wariyanti dan Rusijono Nasution, Dina Indriyani, dkk, Asrianti Muryani dkk, 1 jurnal dengan kategori sedang, penelitian yang dilakukan oleh Helmi Perdiyanto dan 3 jurnal dengan kategori tinggi, penelitian yang dilakukan oleh Hani Nur’Azizah, dkk, Muspratiwi Pertiwi MR, dkk, Mohammad Liwa Ilhamdi, dkk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali keterampilan berpikir kritis peserta didik SD/MI sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian library research dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menelusuri jurnal elektronik melalai Google Schoolar. Sumber data yang menjadi bahan dalam penelitian ini berupa delapan jurnal tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing dari internet sebagai data primer dan buku-buku serta jurnal lainnya sebagai data sekunder yang terkait dengan topik yang dipilih yaitu Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis peserta didik SD/MI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang dimulai dari terendah 0,03 penelitian yang dilakukan oleh Asrianti Muryani dan Kartika Yuni Purwanti yang berjudul Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Kabupaten Badung dengan kategori rendah sampai yang tertinggi sebesar 0,741 yang dilakukan oleh Hani Nur’Azizah, Asep Kurnia Jayadinata dan Diah Gusrayani yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi kategori tinggi dengan rata-rata peningkatan 0,165 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik terutama pada aspek analisis mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:23
Last Modified: 04 Oct 2022 01:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item