STRATEGI PENYULUH AGAMA KUA DALAM KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA PADA MASA NEW NORMAL DI KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN

PUJA PUTRI, ANGRAINI (2022) STRATEGI PENYULUH AGAMA KUA DALAM KEGIATAN PENYULUHAN AGAMA PADA MASA NEW NORMAL DI KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Puja Putri Angraini_1712030143_Bab I - Puja putri angraini.pdf

Download (586kB)
[img] Text (Bab II)
Puja Putri Angraini_1712030143_Bab II - Puja putri angraini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
Puja Putri Angraini_1712030143_Bab III - Puja putri angraini.pdf

Download (370kB)
[img] Text (Bab IV)
Puja Putri Angraini_1712030143_Bab IV - Puja putri angraini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
Puja Putri Angraini_1712030143_Bab V-Daftar Pustaka - Puja putri angraini.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Puja Putri Angraini_1712030143_Cover,dll-1 - Puja putri angraini.pdf

Download (328kB)
[img] Text (Fulltext)
Puja Putri Angraini_1712030143_Fulltext-1 - Puja putri angraini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Penyuluh Agama KUA dalam kegiatan penyuluhan Agama pada masa new normal di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan” ditulis oleh Puja Putri Angraini, NIM. 1712030143. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2021. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fenomena bahwa strategi penyuluhan agama dalam memberikan materi kepada masyarakat sangat sulit pada masa new normal karena masyarakat Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan masih tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, berkerumunan, jaga jarak, ruangannya dibatasi dan tidak memakai masker. Maka yang dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Kantor Urusan Agama dalam melakukan kegiatan penyuluhan agama pada masa new normal di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi sebagai suatu rencana, kegiatan, instrument, sistem dan pola pikir dalam kegiatan penyuluhan agama pada masa new normal di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Jl.Timbulun Aur Duri Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala KUA dan penyuluh agama di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisa data deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah 1) bentuk strategi sebagai suatu rencana yaitu untuk mewujudkan masyarakat bersungguh-sungguh dalam menerima materi, berdialog kecil dengan masyarakat dan ceramah-ceramah yang masih dilaksanakan yang aktif di masa new normal ini yang bertujuan untuk memberikan ilmunya, 2) bentuk strategi sebagai suatu kegiatan yaitu penyuluh dengan cara mengadakan diskusi serta berkelompok bersama dengan masyarakat, 3) bentuk strategi sebagai suatu instrument yaitu penyuluh memberikan ilmu-ilmu agama dan memberikan informasi kepada masyarakat, 4) bentuk strategi sebagai suatu sistem yaitu pihak penyuluh agama berusaha menciptakan kondisi agar masyarakat mau mengikuti kegiatan penyuluh yang dilakukan pada masa new normal, 5) bentuk strategi sebagai suatu pola pikir yaitu penyuluh agama berpikir dengan kemampuan untuk melakukan sesuatu dan menyakini keahlian, kemampuan melalui kerja keras pada masa new normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:23
Last Modified: 03 Oct 2022 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item