PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NUR, FADHILA WARDAH (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1815010071 COVER - Fadhila Wardah.pdf

Download (670kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 BAB 1 - Fadhila Wardah.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 BAB II - Fadhila Wardah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 BAB III - Fadhila Wardah.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 BAB IV - Fadhila Wardah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 BAB V - Fadhila Wardah.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Nur Fadhila Wardah 1814010071 FULLTEXT - Fadhila Wardah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Padang Tahun 2021/2022 merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan meng gunakan model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) pada mata pelajaran PAI. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu; (1) Untuk mengetahui hasil pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum meng gunakan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 11 Padlang; (2) Untuk mengetahui hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 11 Padang; (3) Untuk melihat perbedaan hasil belajar model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 11 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah semu eksperimen (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 11 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan deng an teknik probability sampling yang dilakukan dengan cara simple random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII E dan kelas kontrol adal ah kelas VIII H Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen diperoleh 71,88 dengan nilai tertinggi 90 dan kelas kontrol 60,78 dengan nilai tertinggi 80. Sedangkan rata-rata nilai post-test hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata 86,41 dengan nilai tertinggi 100 dan kelas kontrol 79,53 dengan nilai tertinggi 95. Berdasarkan analisis uji t dengan SPSS versi 26, maka diperoleh dalam dua arah sig a atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti H. yang berbunyi tidak ada perbedaan hasil belajar model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) dengan Konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 11 Padang ditolak dan H. diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) dengan Konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 11 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:33
Last Modified: 03 Oct 2022 04:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11134

Actions (login required)

View Item View Item