IRFANSYAH, IRFANSYAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Irfansyah_1814010029_Cover,dll - Irfansyah.pdf Download (1MB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Bab I - Irfansyah.pdf Download (533kB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Bab II - Irfansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Bab III - Irfansyah.pdf Download (314kB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Bab IV - Irfansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Bab V - Irfansyah.pdf Download (506kB) |
|
Text
Irfansyah_1814010029_Fulltext - Irfansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik malu mengemukakan pendapat di depan kelas dan takut untuk bertanya. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan model pembelajaran yang lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pretest posttest dan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone is Teacher Here berbantuan video terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Pariaman. Tujuan penelitian secara umum untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone is Teacher Here berbantuan video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Secara khusus untuk mengetahui gambaran pretest dan posttest dan pengaruh model pembelajaran Koopertif tipe Everyone is Teacher Here berbantuan video terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Manfaat penelitian secara teoritis adalah menerapkan model pembelajaran dalam pendidikan khususnya model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone is Teacher Here berbantuan video, secara praktis penelitian ini dapat diterapkan oleh berbagai pihak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian Subjek Tumggal (Single Subject). Instrumen yang digunakan berupa tes soal objektif dan lembar observasi. Analisis data secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-r. Hasil penelitian ini adalah pertama, hasil nilai pretest kelas eksperimen sebelum penggunaan model pembelajaran Everyone is Teacher Here skor awal diperoleh nilai maksimal 85, skor minimal 45 mean 64.25 dan standar deviasi 1,32505. Kedua, hasil posttest setelah menggunakan model Everyone is Teacher Here berbantuan video diperolch nilai maksimal 100, nilai minimal 75, mean 91,30 dan standar deviasi 7,75655. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan tabel-t dalam signifikansi 39, tingkat signifikasi sebesar 10.849 2 6.214 Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh dapat dilihat dari perbandingan nilai pretest 64,25 dan posttest 91,30 dengan peningkatan 27.05
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:20 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11130 |
Actions (login required)
View Item |