INDAH, SYAFITRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Indah Syafitri 1814010047 COVER - Fadhila Wardah.pdf Download (683kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 BAB I - 0047 Indah Syafitri.pdf Download (270kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 BAB II - 0047 Indah Syafitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 BAB III.docx - 0047 Indah Syafitri.pdf Download (324kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 BAB IV - 0047 Indah Syafitri.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 BAB V - 0047 Indah Syafitri.pdf Download (43kB) |
|
Text
Indah Syafitri 1814010047 FULLTEXT - Fadhila Wardah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penulisan Skripsi ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, banyaknya peserta didik yang kurang aktif, kurang semangat, dan tidak memiliki keberanian untuk tampil dalam mengemukakan pendapat dalam peroses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran Sejarah Kebuday aan Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.A dan kelas kontrol adalah kelas VIIB Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan rata-rata nilai tes hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas eksperimen adalah 87,6 dan rata-rata nilai hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas kontrol adalah 74,2. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) pada selang kepercayaan 95%. Maka keputusannya Ho ditolak dan Ha, diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11127 |
Actions (login required)
View Item |