PENGARUH METODE AL-HIWAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIIDI SMP NEGERI 22 PADANG

ELIDA, SARAGIH (2022) PENGARUH METODE AL-HIWAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIIDI SMP NEGERI 22 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_Cover, dll - Elida Saragih.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_Bab I - Elida Saragih.pdf

Download (723kB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_BAB II - Elida Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_BAB III - Elida Saragih.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_BAB IV - Elida Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_BAB V_Daftar Pustaka - Elida Saragih.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Elida_Saragih_1814010032_Fulltext. - Elida Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan Menggunakan Metode Al-Hiwar. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang sebelum diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang setelah diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang sebelum dan setelah diajarkan dengan menggunakan metode al-hiwar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen-semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VII.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test di kelas eksperimen adalah 64,69 dan rata-rata nilai pre-test di kelas kontrol adalah 66,56. Rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen adalah 88,44 dan rata-rata nilai post test di kelas kontrol adalah 80,94. Berdasarkan hasil analisis uji T yang dilakukan pada software SPSS maka diperoleh sig a < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 67,947 > 1,66980 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh metode Al-Hiwar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 22 Padang diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:54
Last Modified: 03 Oct 2022 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item