Zulfa, Afifah (2022) PENERAPAN METODE WAHDAH DAN KITABAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN DAN HADIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 2 PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Zulfa Afifah _ 1814010021 _ Cover, dll - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (1MB) |
|
Text
Zulfa Afifah _ 1814010021 _ BAB I - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (636kB) |
|
Text
Zulfa Afifah _ 1814010021 _ BAB II - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Zulfa Afifah _ 1814010021_ BAB III - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (389kB) |
|
Text
Zulfa Afifah_ 1814010021_ BAB IV - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
|
Text
Zulfa Afifah_ 1814010021_ BAB V - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (371kB) |
|
Text
Zulfa Afifah _ 1814010021 _ Fulltext - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dilihat dari hasil belajar dari peserta didik tersebut sangat menurun atau tergolong rendah dengan melihat hasil peserta didik dibawah ketuntasan, hal ini disebabkan metode yang kurang tepat serta media yang kurang mendukung menyebabkan hasil yang diperoleh peserta didik tidak maksimal terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis salah satu strategi yang dianggap dapat mengaktifkan peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah metode Wahdah dan Kitabah karena metode ini sangat cocok dan sangat mudah diterapkan kepada peserta didik untuk meningkatkan hafalan peserta didik karena mata pelajaran Al-Qur’an Hadis lebih banyak menghafal ayat dan hadis sehingga pendidik harus menerapkan metode Wahdah dan Kitabah untuk meningkatkan hafalan peserta didik mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Perencanaan Metode Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Hadis Peserta Didik di MTsN 2 Pasaman Barat, 2). Pelaksanaan Metode Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Hadis Peserta Didik di MTsN 2 Pasaman Barat, 3). Evaluasi Metode Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Hadis Peserta Didik di MTsN 2 Pasaman Barat, 4). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Metode Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Hadis Peserta Didik di MTsN 2 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) dengan menggunakan metode deskrptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi, dokumentasi,dan wawancara langsung yang ditujukan kepada pendidik bidang studi pembelajaran Al-Qur’an Hadis, kepala sekolah, dan beberapa peserta didik. Hasil penelitian diperoleh, Pertama perencanaan pembelajaran perencanaan terdapat dua langkah utama, yaitu pada sisi peserta didik yaitu seorang pendidik menata niat yang berfungsi untuk memantapkan tujuan belajar peserta didik. Serta, kesiapan seorang pendidik dalam melaksanakan kegiatan kegiatan belajar mengajar, khususnya dengan menggunakan metode Wahdah dan Kitabah yang diaplikasikan untuk membaca al-Qur’an. Kedua, pelaksanaan penerapan metode Wahdah dan Kitabah dimulai dari pendidik menuliskan ayat-ayat di papan tulis, kemudian membacakan dan peserta didik menirukan dengan tajwid bacaan yang benar. Ketiga, ketercapaian peserta didik dalam menghafal al-Qur’an dengan mengunakan metode Wahdah dan Kitabah secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas hafalan peserta didik dan bisa menghafal materi ayat Al-qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Kempat, faktor pendukung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Wahdah dan Kitabah adalah sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang nyaman metode pembelajaran yang mudah untuk di laksanakan, pendidik cukup bersahabat dengan peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11121 |
Actions (login required)
View Item |