Yulia, Citra (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PROGRAM TAHSIN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH CUPAK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Yulia Citra_1814010131_Cover, dll - Yulia Citra.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Bab I - Yulia Citra.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Bab II - Yulia Citra.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Bab III - Yulia Citra.pdf Download (786kB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Bab IV - Yulia Citra.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Bab V - Yulia Citra.pdf Download (769kB) |
|
Text
Yulia Citra_1814010131_Fulltext 1 - Yulia Citra.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan adalah banyaknya nilai kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik belum tuntas disebabkan karena metode yang digunakan pendidik masih metode konvensional. Berdasarkan latar belakang tersebut yang menjadi masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada program Tahsin peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil pretest, hasil posttest kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Qur’an peserta didik dan pengaruh penggunaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada Program Tahsin peserta didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis penelitian ini adalah untuk menambah mengenai pengaruh penggunaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada program Tahsin, dan juga seebagai bahan rujukan secara ilmiah tentang pengaruh metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian yang diperoleh pertama, pada fase baseline-1 (A-1) diperoleh Hasil Pre-Test yaitu 74,70 yang masih tergolong rendah. kedua, pada fase intervensi (B) diperoleh hasil Post-Test sebesar 84,88. Ketiga, Pada fase baseline-2 (A-2) merupakan fase kontrol dimana pada fase ini menjadi tolak ukur untuk kondisi intervensi sehingga dapat dilihat apakah terjadi peningkatan pada kemampuan membaca Al-Qur'an setelah diberikan intervensi. Pada fase ini diperoleh hasil t-hitung 6,158 > t-tabel 2,509 sehingga dapat dilihat bahwa metode ini memberikan peningkatan pada kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yaitu 84,88.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11119 |
Actions (login required)
View Item |