PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTsS THAWALIB PADANG

SUSI, ANNISA PUTRI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTsS THAWALIB PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_cover, dll - Susi Annisa Putri.pdf

Download (699kB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_BAB I - Susi Annisa Putri.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_BAB II - Susi Annisa Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_BAB III - Susi Annisa Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_BAB IV - Susi Annisa Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_BAB V- Daftar Pustaka - Susi Annisa Putri.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Susi Annisa Putri_1814010109_Fulltext - Susi Annisa Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar Fikih peserta didik kelas VIII di MTsS Thawalib Padang Tahun 2021/2022 merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya kekaktifan belajar tersebut adalah dengan menggunakan Model Time Token Arends pada mata pelajaran Fikih. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Fikih dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui gambaran keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Fikih dengan menggunakan model pembelajran Time Token Arends. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Time Token Arends terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsS Thawalib Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan (true experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsS Thawalib Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yaitu penetapan responden sebagai sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.2 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.1. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest keaktifan belajar Fikih kelas eksperimen diperoleh rata-rata 64,05 dan kelas kontrol 56,1 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 75 dan nilai tertinggi kelas kontrol 70, sedangkan nilai terendah pada kelas ekperimen 45 dan kelas kontrol 39. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 28 diperoleh signifikan yaitu diperoleh sig α sebesar = 0,003, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,003 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat pengaruh dengan Model Time Token Arends ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh keaktifan belajar yang signifikan ketika penggunaan model Time Token Arends dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Fikih di MTsS Thawalib Padang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token Arends, Keaktifan Belajar, Mata Pelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:47
Last Modified: 03 Oct 2022 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item