PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH CUPAK KABUPATEN SOLOK

SESI, ZULKEMALA PUTRI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH CUPAK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Cover,Dll - Sesi Zulkemala.pdf

Download (803kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Bab I - Sesi Zulkemala.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Bab II - Sesi Zulkemala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Bab III - Sesi Zulkemala.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Bab IV - Sesi Zulkemala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_Bab V-Daftar Pustaka - Sesi Zulkemala.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Sesi Zulkemala Putri_1814010002_FullTexs - Sesi Zulkemala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari nilai harian peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok yang berada dibawah rata-rata KKM, adapun KKM yang telah ditentukan sekolah adalah 78. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar SKI dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, mengetahui hasil belajar SKI dengan menggunakan model konvensional dan mengetahui signifikan perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibanding kelas yang menggunakan model konvensional pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok tahun 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan kelas kontrol kelas VIII.2 Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan rata-rata nilai tes hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas eksperimen adalah 90 dan rata-rata nilai hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas kontrol adalah 82. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) pada selang kepercayaan 95%. Maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model reciprocal teaching dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:38
Last Modified: 03 Oct 2022 02:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item