IMPLEMENTASI PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 30 PADANG

Salsa, Nabita Marpaung (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 30 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_BAB I - Salsa Nabita Marpaung.pdf

Download (711kB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814101052_COVER, DLL - Salsa Nabita Marpaung.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_BAB II - Salsa Nabita Marpaung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_BAB III - Salsa Nabita Marpaung.pdf

Download (351kB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_BAB IV - Salsa Nabita Marpaung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_BAB V - Salsa Nabita Marpaung.pdf

Download (309kB)
[img] Text
SALSA NABITA MARPAUNG_1814010152_SKRIPSI FULL TEKS - Salsa Nabita Marpaung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Studi pendahuluan penelitian ini dilatarbelakangi menunjukkan bahwa masih banyak pendidik yang belum memahami tentang bagaimana penilaian aspek keterampilan berdasarkan kurikulum 2013 yang sudah diterapkan di SMPN 30 Padang, dikarenakan instrumen penilaian yang digunakan sangat beragam dan keterbatasan waktu untuk memberikan penilaian terutama penilaian keterampilan. Fokus Penelitian dalam penelitian ini yaitu: Perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 30 Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian keterampilan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 30 Padang. Manfaat terotis penelitian ini sebagai rujukan dan bahan pertimbangan yang signifikan bagi pendidik dalam menerapkan penilaian keterampilan peserta didik. Manfaat praktis penelitian ini dapat dimanfaatkan pendidik, sekolah dan penelitian lanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didik dan dokumentasi. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah pengolahan data deskriptif dan menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan: pertama, perencanaan penilaian keterampilan dengan menggunakan teknik praktik, produk, proyek dan portofolio yang di dalamnya terdapat penyusunan kisi-kisi, penyusunan instrumen, dan penyusunan rubrik. Kedua, pelaksanaan penilaian keterampilan dimplementasikan dengan teknik praktik sesuai dengan karakteristik KD dari KI 4. Pendidik akan memberikan tugas untuk di parktikkan setelah peserta didik melakukan pembelajaran dan mendokumentasikan hasil penilaian. Ketiga, pengolahan penilaian keterampilan bahwa nilai diperoleh dari hasil rata-rata penilaian praktik yang telah dilaksankan peserta didik dan sebelum melakukan pengolahan tidak terlepas dari melakukan umpan balik terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:24
Last Modified: 03 Oct 2022 02:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item