PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 10 PADANG

RURI, ALBERSA (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 10 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Cover, Dll - Ruri Albersa.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Bab I - Ruri Albersa.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Bab II - Ruri Albersa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Bab III - Ruri Albersa.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Bab IV - Ruri Albersa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Bab V Dan Daftar Pustaka - Copy - Ruri Albersa.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Ruri Albersa_1814010145_Fulltext - Ruri Albersa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari nilai harian peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 10 Padang yang rata-rata di bawah KKM, adapun KKM yang telah ditentukan sekolah adalah 76. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan pengaruh tentang strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VIII di SMP Negeri 10 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen tipe penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu randomized pretest-posttest kontrol group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Padang tahun 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan kelas kontrol kelas VIII.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan ratarata nilai post-test kelas eksperimen 82,03, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 67,16. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh rata-rata (mean) eksperimen sebesar=0,4724, maka diambil kesimpulan bahwa g 0,3. Hal ini berarti ditolak diterima, Artinya terdapat pengaruh yang kuat untuk meningkatkan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing berbantuan media poster dibandingkan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 10 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:21
Last Modified: 30 Sep 2022 08:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item