PENGARUH KECEMASAN DAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 BATANG KAPAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yelna Sri Devi, Yelna (2019) PENGARUH KECEMASAN DAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 BATANG KAPAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP 3 Negeri Batang Kapas. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kecemasan yang dialami oleh peserta didik saat belajar matematika. Selain itu, rendahnya hasil belajar matematika juga disebabkan oleh adanya kesulitan yang dialami peserta didik saat belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kecemasan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kecemasan dan kesulitan belajar matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 88 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII.B sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes, angket kecemasan dan angket kesulitan belajar matematika. Berdasarkan hasil pengolahan data angket ditemukan bahwa rata-rata kecemasan belajar matematika peserta didik berada pada kriteria sedang yaitu sebesar 40,07; dan rata-rata kesulitan belajar matematika peserta didik berada pada kriteria rendah yaitu sebesar 18,67, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 3 Batang Kapas mempunyai rata-rata sedang yaitu 48,93. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 21,7%. (2) terdapat pengaruh kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika sebesar 16% pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019 dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan dan kesulitan belajar matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika sebesar 26% pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:52
Last Modified: 30 Sep 2022 04:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item