PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING BERBANTUAN LEMBAR KERJA BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

PUTRI, AFRILIA (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING BERBANTUAN LEMBAR KERJA BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_COVER Dll - Putri Afrilia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_BAB I - Putri Afrilia.pdf

Download (214kB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_BAB II - Putri Afrilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_BAB III - Putri Afrilia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_BAB IV - Putri Afrilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Putri Afrilia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI AFRILIA_1814010141_Fulltext - Putri Afrilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Studi pendahuluan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapat saat proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model kooperatif tipe probing prompting berbantuan lembar kerja berstruktur. Rumusan masalah adalah “bagaimana pengaruh model probing prompting berbantuan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Talang?”. Batasan masalah adalah gambaran hasil belajar kelas eksperimen, gambaran hasil belajar kelas kontrol dan pengaruh model kooperatif tipe probing prompting berbantuan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas eksperimen, kelas kontrol dan pengaruh model kooperatif tipe probing prompting berbantuan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Manfaat teoritis penelitian adalah mengembangkan keilmuan Pendidikan Agama Islam. Manfaat praktis penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh peserta didik, sekolah dan peneliti lanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Hasil penelitian adalah: pertama, rata-rata nilai pre-test di kelas eksperimen adalah 56,21 dan rata-rata nilai pre-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol adalah 59,69. Kedua, rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen adalah 85,60 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 79,39. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 28 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Dikatakan Ho yang berbunyi tidak terdapat pengaruh hasil belajar Model Kooperatif Tipe Probing Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar ketika penggunaan Model Kooperatif Tipe Probing Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:32
Last Modified: 30 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item